Lomba Masak Murid SD Meriahkan Pekan Desember 2017 TMII

JAKARTA — Dalam bulan Desember 2017 ini, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) memiliki banyak acara yang dikemas dalam bingkai Pekan Desember, Natal dan Tahun Baru 2018.

Anjungan DKI Jakarta TMII pun turut ambil bagian dengan menggelar lomba memasak nasi goreng murid SD se-Jakarta yang digelar di pelataran anjungan ini.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Tinia Budiarti mengatakan, Pekan Desember ini sangat istimewa, yakni dimana hari libur sekolah tapi justru anak-anak tetap semangat ikut lomba memasak di Anjungan DKI Jakarta TMII.

“Makanan yang disukai anak-anak itu bakso dan nasi goreng. Lomba masak nasi goreng ini memberikan edukasi pada mereka, melatih kesabaran. Inilah seninya. Lomba memasak juga pengembangan seni,” kata Tinia kepada Cendana News ditemui pada Pekan Desember 2017 di Anjungan DKI Jakarta TMII, Jakarta, Minggu (24/12/2017).

Seninya, lanjut dia, bagaimana meracik bumbu, memasaknya, dan menyajikannya serta menjaga kebersihan. Semua itu butuh tingkat kesabaran yang memiliki kekuatan seni yang tumbuh dalam diri anak-anak hingga menghasilkan santapan yang lezat.

“Lomba ini bukan masalah menang dan kalah. Tapi membangun karakter anak, kepercayaan diri mereka. Kalau juara ya diharapkan bisa ada fasilitas untuk mereka terus ikut lomba,” kata Tinia.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Tinia Budiarti ( baju merah) mengunjungi siswa SDN yang lomba masak nasi goreng dalam Pekan Desember di pelataran Anjungan DKI Jakarta TMII, Jakarta, Minggu (24/12/2017). Foto: Sri Sugiarti.

Dia berharap anak-anak tidak hanya ikut lomba, juga orang tuanya tidak sekedar mencicipi hasil lomba anaknya. Tetapi mereka juga bisa menikmati suasana dan nuansa Anjungan DKI Jakarta ini, menambah wawasan yang membuahkan kecintaan mereka pada budaya Betawi.

“Setiap anjungan pasti mengadakan Pekan Desember. Sehingga hari ini, TMII akan menjadi tempat yang luar biasa karena 34 anjungan dipadati pengunjung,” ujar Tania.

Lomba memasak nasi goreng ini dalam rangkaian Pekan Desember 2017 ini didukung oleh Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) dan Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI).

“Tujuan lomba ini untuk mengenalkan seni budaya. Karena seni budaya itu bukan hanya musik dan tari tapi kuliner juga. Kan nasi goreng itu masakan khas Indonesia yang harus dilestarikan juga,” kata Sekertaris Umum APJI, Suraji.

Hal yang sama dikatakan Kepala Anjungan DKI Jakarta TMII, Fadlan Zuhran, bahwa lomba ini untuk menumbuh kembangkan karakter anak-anak dalam mengenal seni budaya bangsa termasuk ragam kuliner khas Indonesia.

“Lomba ini sarat edukasi, mereka dilatih kesabaran kerja satu tim. Tentu jadi pengalaman mereka bisa lomba di Anjungan DKI Jakarta yang sarat budaya Betawi ini,” ungkap Fadlan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah DKI Jakarta, Agus Suradika (tengah) saat tampil melantunkan lagu “Betawi Kota Jakarta” di Pekan Desember 2017 di Anjungan DKI Jakarta TMII, Jakarta, Minggu (24/12/2017). Foto: Sri Sugiarti.

Adapun juara pertama diraih oleh SDN Lubang Buaya 04, juara kedua SDN Dukuh 09, dan juara tiga adalah SD Jatinegara 02. Sedangkan juara harapan 1 diraih SDN Cipinang 14, dan harapan yaitu SDN Jati 06.

Mereka berhak mendapatkan uang, piagam dan bingkisan dari Anjungan DKI Jakarta, APJI, dan IPEMI. Selain lomba masak nasi goreng, tersuguh juga pameran kuliner dan lainnya. Terkhusus malam tahun baru 2018 akan digelar “Wayang Kulit Betawi”.

Lihat juga...