Longsor, Tiga Rumah Warga Tawangmangu Rusak Berat

SOLO – Bencana longsor menimpa warga di Dukuh Ngudal, Desa Nglebak, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Solo, Jawa Tengah. Longsor yang terjadi hari ini, membuat 3 rumah warga rusak parah hingga harus diungsikan ke tempat saudara.

Tiga rumah yang rusak parah akibat longsor di bagian belakang rumah itu masing-masing mengenai milik Patno alias Teko, Sugiyem dan Painim, yang semuanya warga Ngudal. Sebelum longsor, ketiga rumah yang berada di lereng kaki Gunung Lawu itu diketahui retak-retak, dan telah dilaporkan kepada perangkat desa Nglebak.

“Pak Paimin datang ke saya dan melaporkan adanya retakan di rumahnya dan dua tetangganya,” kata Hery Sularno, salah satu perangkat desa Nglebak, Rabu (27/12/2017).

Lebih lanjut Hery mengatakan, setelah menerima laporan, dirinya bersama warga mengecek lokasi. Selang beberapa menit, longsor terjadi di rumah Paimin dan disusul dua rumah lainnya. “Belum lama, baru 5 menit kita cek malah longsor. Cukup besar longsornya, sekitar 12 meter dengan ketinggian 8 meter,” urai dia.

Akibat kejadian itu, ketiga warga tersebut untuk sementara harus diungsikan ke tempat saudara yang lebih aman. Pihak warga masih berusaha membersihkan sisa reruntuhan rumah yang roboh akibat longsor.

“Terpaksa kita ungsikan dulu ke tempat yang lebih aman, karena untuk saat ini rumah mereka tidak memungkinkan untuk ditinggali dan membahayakan,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolsek Tawangmangu, AKP Riyanto membenarkan adanya bencana longsor yang menimpa 3 warga Ngudal. Pasca longsor, pihaknya menerjunkan personil untuk membantu evakuasi warga dan rumah yang ambrol. Polisi juga memasang police line agar warga tidak mendekat ke lokasi yang rawan longsor susulan.

“Kami juga imbau warga sekitar untuk lebih hati-hati akan bahaya longsor susulan. Kita juga bantu evakuasi barang-barang milik korban untuk dibawa ke tempat yang lebih aman,” imbuh AKP Riyanto.

Menurutnya, dampak yang ditimbulkan akibat bencana alam itu cukup parah. Ketiga rumah warga yang rusak karena longsor juga membutuhkan pembenahan yang cukup banyak. Kerugian akibat bencana longsor itu ditaksir mencapai Rp 100 juta.

“Perkiraan sementara, kerugian dari korban 1,2 dan 3 sekitar Rp 100 juta rupiah,” katanya.

Lihat juga...