Lonjakan Wisatawan di Taman Srambang Ngawi

NGAWI – Jumlah kunjungan wisatawan ke objek wisata air terjun Taman Srambang di Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur meningkat pada libur Hari Natal 2017 dan libur panjang sekolah menyongsong tahun baru 2018.

“Saat ini jumlah kunjungan wisatawan mulai meningkat sejak libur sekolah bersamaan dengan libur Natal,” kata pengelola objek wisata air terjun Taman Srambang Ngawi, Hariyanto di Ngawi, Selasa.

Menurut dia, pada akhir pekan biasanya jumlah kunjungan wisatawan ke air terjun yang baru dibangun tersebut hanya 500-an orang. Namun saat libur sekolah bersamaan dengan libur Natal kali ini lebih dari 1.000 orang per harinya.

Pihak pengelola memprediksi jumlah kunjungan tersebut masih akan terus meningkat saat liburan tahun baru 2018.

Adapun, para pengunjung yang datang ke wisata air terjun tersebut berasal dari sejumlah wilayah di Jawa Timur. Di antaranya Madiun, Magetan, Ponorogo, Madura, dan Ngawi sendiri.

Pihak pengelola berencana terus melakukan perbaikan dengan menambah sejumlah fasilitas yang ada. Hal itu bertujuan memberikan kenyamanan bagi para wisatawan saat berkunjung.

Seperti diketahui, Taman Srambang merupakan bentuk penyempurnaan Air Terjun Srambang yang berada di kawasan hutan RPH Manyul, BKPH Lawu Utara, KPH Lawu Ds.

Pemkab Ngawi bekerja sama dengan KPH Lawu Ds memperbaiki objek wisata alam tersebut agar lebih menarik kunjungan wisatawan seiring dengan upaya pemda setempat meluncurkan program “Ngawi Visit Year 2017”.

Adapun pengelolaan taman wisata tersebut juga melibatkan warga desa setempat dengan tujuan memberikan manfaat dan menambah pendapatan masyarakat lokal.

Taman Srambang menawarkan pemandangan air terjun di lereng Gunung Lawu. Lokasi tersebut juga menyuguhkan udara hutan pegunungan yang sejuk, alami, dan bersih.

Salah satu pengunjung, Rosi mengaku senang berkunjung ke air terjun Taman Srambang Ngawi. Ia dan keluarga asal Madiun tersebut sengaja datang untuk menikmati sejuknya air dan udara pegunungan.

“Senang sekali bisa berkunjung. Di sini udaranya sejuk, pemandangan bagus. Apalagi tamannya baru selesai direnovasi, jadi lebih nyaman,” kata dia.

Adapun, harga tiket masuk ke objek wisata Srambangan tergolong murah. Yakni hanya Rp15.000 per orang untuk setiap kali masuk. (Ant)

Lihat juga...