Lukaku Memberi Lebih Dari Sekadar Gol Untuk United

LONDON – Manchester United menciptakan peluang lebih sedikit di Liga Inggris musim ini. Namun penampilan Romelu Lukaku sebagai kreator pertandingan saat melawan Leicester City memberikan sang manajer Jose Mourinho menemukan jalan baru bagi United untuk tetap berada dalam jalur perburuan gelar.

United membuat awal yang buruk di perjalanan kompetisi liga musim ini. Hanya memenangkan empat dari lima pertandingan pembukaan liga dengan mencetak 16 gol dan serangan yang dipelopori striker baru Lukaku.

Namun, setelah mencetak 10 gol dari sembilan pertandingan di semua kompetisi, kemampuan mencetak gol tersebut telah mengering. Sementara saat ini tim Mourinho dalam posisi membuntuti pemuncak klasemen Manchester City dengan selisih 13 poin.

United akan menjamu Burnley ke Old Trafford di pertandingan liga pada Selasa (26/12/2017). Dengan jadwal yang sibuk, waktu tepat bagi Lukaku untuk menemukan performa baru dalam permainannya setelah ia tidak mencetak gol.

Pada Sabtu (23/12/2017) striker tersebut memainkan peran yang tidak biasa, tanpa pemain lain di King Power Stadium yang menciptakan lebih banyak peluang bagi rekan setimnya. “Peran Lukaku sangat berbeda. Peluang yang dia ciptakan seharusnya bisa memenangkan pertandingan. Sumbangannya akan menyenangkan Mourinho,” kata mantan bek United Gary Neville, Senin (25/12/2017).

Lukaku menciptakan dua peluang emas untuk Martial dan Jesse Lingard dengan umpan balik dari barisan pertahanan. Namun keduanya tidak memaksimalkan peluang tersebut.

Kelengahan saat menjamu Burnley pada Selasa nanti akan memposisikan United yang saat ini  berada peringkat kedua klasemen mendapatkan ancaman. Saat ini Chelsea yang mengintai di urutan ketiga dengan selisih tiga poin juga dalam posisi stabil di jalur perburuan gelar.

Paul Pogba memiliki lima assist meski telah memainkan hanya sembilan pertandingan Liga Inggris. Namun kemampuannya mengolah bola membuatnya menjadi pemain yang bisa diandalkan. Lukaku, di sisi lain, adalah striker yang tidak dikenal dalam wilayah kreativitas. Namun, setelah menciptakan tiga peluang besar sepanjang musim, Lukaku membuktikan bahwa ia bisa menyesuaikan permainannya untuk memberi lebih banyak pilihan kepada Mourinho.

Selama masa pertandingan yang sibuk, di mana ada kemungkinan pemuncak klasemen Manchester City tergelincir karena mengalami kekalahan, United harus mampu memberi tekanan pada peta persaingan. Lukaku bisa membungkam keraguannya dengan cara lain selain dari hanya mencetak gol. (Ant)

Lihat juga...