Mancing Ikan, Jadi Pilihan Menghabiskan Liburan Akhir Pekan

LOMBOK — Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam menghabiskan liburan akhir pekan. Beragam cara dilakukan, mulai dari jalan-jalan, berbelanja, acara makan bersama hingga berkunjung ke sejumlah objek wisata yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), utamanya Pulau Lombok.

Memancing, termasuk salah satu cara sebagian masyarakat menghabiskan liburan akhir pekan, baik di sungai, waduk, bendungan dan sejumlah embung rakyat yang ada. Ada juga masyarakat yang memancing ke sejumlah kolam pemancingan berbayar hanya untuk menyalurkan hobi.

“Memancing itu asik, selain bisa menyalurkan hobi, sekalian juga bisa langsung liburan menyaksikan ikan yang bermain, menambah semangat untuk bisa mendapatkan ikan,” kata Muliadi saat memancing di Kali Jangkuk Kota Mataram, Minggu (31/12/2017).

Baginya ada tidaknya ikan didapatkan selama memancing, bukan jadi persoalan, terpenting hobi tersalurkan, dirinya sudah merasa puas dan itu menjadi liburan menyenangkan.

Apalagi memang kalau selama memancing ikan mudah didapatkan, dirinya bisa betah berlama-lama memancing ikan di kali maupun bendungan tempat memancing ikan.

“Kalau ikannya mudah diumpan, kadang saya bersama teman lain bisa mancing sampai sore supaya bisa mendapatkan banyak,” katanya.

Ismail, warga Dasan Agung Mataram mengaku, setiap hari Minggu terkadang dirinya pergi memancing sampai ke tempat jauh, ke sejumlah bendungan dan embung yang ada di Kabupaten Lombok Tengah, Lombok Barat hingga Lombok Timur.

Setiap hendak pergi memancing ke embung, sungai atau bendungan, dua sampai tiga hari sebelum pergi, dirinya bersama teman lain membuat janji hendak memancing kemana.

“Kalau mancing jauh, beberapa hari sebelum berangkat, kita biasa membuat janji, bendungan mana yang hendak dituju, pertimbangan ikan banyak dan mudah ngumpan biasanya jadi alasan paling utama memilih lokasi tujuan,” katanya.

Namanya juga hobi, dimanapun lokasi, yang penting asik, ikan banyak dan mudah diumpan, akan kita cari walaupun lokasi jauh.

Lihat juga...