Mangrove Center Graha Indah Masih Perlu Perhatian Pemerintah

Editor: Irvan Syafari

36
Obyek Wisata Mangrove Center Graha Indah Kota Balikpapan/Foto; ferry Cahyanti.

BALIKPAPAN — Mangrove Center Graha Indah yang menjadi salah satu obyek wisata andalan di Kota Balikpapan masih perlu perhatian dari Pemerintah Pusat maupun Daerah.

Obyek wisata Mangrove Center yang berlokasi di kawasan Balikpapan Utara tersebut memiliki luas 15 hektare yang dipenuhi dengan tanaman mangrove dan pengunjung bisa melihat hewan langka seperti Bekantan, Pesut dan burung.

Untuk menyururi luasnya Mangrove Center Graha Indah ini pengunjung menggunakan perahu yang disediakan oleh pengelola dan dinahkodai oleh warga sekitar. Namun sayang, saat ini masih terbatas pengadaan perahu untuk menyusuri Mangrove Center tersebut. Sehingga masih perlu perhatian pemerintah dalam pengadaan fasilitas.

“Saat ini masih minim fasilitas, karena kalo dilihat fasilitas masih apa adanya. Yang sangat dibutuhkan saat ini adalah perahu untuk mengajak pengunjung menyusuri mangrove center,” kata Direktur Mangrove Center Graha Indah, Agus Bei saat ditemui Kamis (7/12/2017).

Disebutkannya, perahu yang ada saat ini terdapat dua perahu yang digunakan untuk mengangkut pengunjung menyusuri Mangrove Center. Satu perahu bisa mengangkut 10 hingga 12 orang pengunjung yang dilengkapi dengan baju pelampung.

“Saat ini hanya dua unit, itu juga terbuat dari kayu. Jadi fasilitas masih kurang banyak. Kami ini masih perlu bantuan fasilitas untuk melengkapi wisata mangrove. Kalau fasilitas lengkap maka daya tarik pengunjung untuk menyusuri akan besar,” paparnya.

Agus menjelaskan penanaman pohon mangrove terus dilakukan dari bantuan bibit yang diberikan dari berbagai perusahaan dan stake holder. Mangrove Center Graha Indah yang memiliki luasan sekira 15 hektare, masih ada lahan sekiranya tiga hektare yang bisa ditanami.

“Masih ada lahan yang perlu ditanami lagi dan perahu. Perahu ini sangat dibutuhkan,” tukasnya.

Ia mengharapkan pemerintah memberikan perhatian terhadap Mangrove Center karena hutan mangrove harus dilestarikan untuk menjaga ketahanan hidup jangka panjang.

Komentar