Masyarakat Diimbau Waspadai Arus Deras dan Gelombang Tinggi Air Laut

LOMBOK — Tercatat mulai hari ini sampai liburan tahun baru pada Senin 1 Januari 2018 besok, sebagian besar masyarakat memilih menghabiskan liburan dengan mengunjungi objek wisata pantai.

Namun, berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), diprediksi akan terjadi gelombang air laut tinggi, termasuk arus bawah laut yang deras.

“Mengantisipasi hal tidak diinginkan, masyarakat yang melakukan liburan ke pantai diimbau hati-hati dan tetap waspada, terutama di sejumlah pantai yang arusnya deras,” kata Kepala Badan Penanggulanganan Bencana Daerah (BPBD) NTB, Muhammad Rum kepada Cendana News, Minggu (31/12/2017)

Ia mengatakan, kalau memang pantai yang dijadikan tempat liburan, gelombang airnya tinggi dan arus deras, agar warga tidak mandi, kalaupun mandi dilakukan dipinggir pantai, supaya tidak terseret arus.

Menurutnya, langkah antisipatif tersebut penting dilakukan, untuk memastikan keamanan dan keselamatan masyarakat selama liburan bisa berlangsung aman.

“Liburan kemana saja, termasuk ke pantai tidak jadi persoalan, tapi supaya tetap hati-hati dan menjaga keselamatan,” katanya.

Kepala BPBD NTB, Muhammad Rum/Foto : Turmuzi

Rum memperkirakan gelombang masyarakat melakukan liburan, terutama ke sejumlah objek wisata pantai di NTB, mulai hari ini hingga liburan tahun baru besok dipastikan akan banyak.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat mewaspadai adanya gelombang tinggi di wilayah Selat Lombok dengan ketinggian gelombang mencapai 2 meter. Serta Selat Alas, perairan utara NTB, dan perairan selatan NTB yang mencapai 3 meter.

“Tinggi gelombang tersebut karena berdasarkan hasil pantauan BMKG, ada tekanan rendah di selatan NTT,” sebut Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Klas II Bandara Internasional Lombok (BIL), Devi Ardiansyah.

Tekanan rendah tersebut cenderung bergerak ke arah selatan. Tidak menutup kemungkinan jika intensitas hujan bisa menurun beberapa hari kedepan.

Namun, kecepatan angin dinilai masih akan terus meningkat. Hal itulah yang menyebabkan gelombang menjadi semakin tinggi di sekitar wilayah NTB.

Menurut data yang dikeluarkan BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II BIL, hujan dengan intensitas ringan hingga lebat masih akan mengguyur wilayah Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa hingga Minggu, 5 Februari 2017.

“Suhu udara berkisar berada di sekitar 23-30 derajat celcius. Dengan angin permukaan yang bertiup dengan variasi arah dominan dari Barat Daya hingga Utara, dan kecepatan angin maksimum 30 km/jam” katanya.

Lihat juga...