“Mayhot”, Seblak Khas Sunda Cita Rasa Malang

MALANG — Seblak, salah satu kuliner khas Sunda yang dapat dengan mudah ditemui di daerah Jawa Barat, khususnya Bandung. Akan tetapi meskipun sudah terkenal sebagai panganan khas dari Jawa Barat, kuliner berbahan dasar kerupuk ini ternyata juga sudah mulai banyak dijual di daerah lain dengan inovasi rasa, seperti di Malang.

Seperti halnya, Seblak ‘Mayhot’ yang menawarkan Seblak dengan cita rasa khas Malang. Ibu May, pemilik usaha menceritakan, munculnya ide membuat seblak Mayhot berawal dari keinginannya untuk menghadirkan seblak dengan cita rasa baru.

“Saya ingin menciptakan seblak cita rasa khas Malang sehingga berbeda dengan seblak pada umumnya,” jelasnya kepada Cendana News.

proses pembuatan Seblak/Foto: Agus Nurchaliq

Menurutnya, yang ia jual merupakan jenis seblak basah yang menggunakan kuah sehingga rasanya lebih segar. Ditambah lagi dengan campuran sayuran yang membuatnya lebih sehat.

“Saya campurkan sayuran karena di Malang sendiri banyak terdapat sayuran. Selain itu biasanya ditambahkan pentol bakso karena di Malang juga terkenal dengan baksonya, “ucapnya di lokasi usaha, di rest area Karangploso.

Lebih lanjut Ibu May menjelaskan, seblak adalah kuliner berbahan kerupuk yang direndam air panas sehingga teksturnya menjadi kenyal. Dari sekian banyak kerupuk yang pernah dicobanya untuk dijadikan seblak, ternyata kerupuk udang yang paling cocok.

“Saya sudah pernah coba pakai beberapa jenis kerupuk tapi ternyata yang paling enak adalah kerupuk udang karena sudah memiliki rasa gurih, “sebutnya.

Dikatakan May, selain rasanya yang berbeda, kelebihannya dibandingkan seblak lainnya adalah banyaknya bahan campuran yang dimasukkan ke dalam satu porsi seblak.

“Kalau seblak pada umumnya cuma krupuk, sosis dan telur. Kalau yang ini dominan sayur, kemudian ada campuran mie, jamur, sosis, daging ayam, siomay dan pentol, “ungkapnya.

“Agar konsumen tidak bosan, terkadang juga dikasih campuran cumi-cumi, udang, dan ikan tuna, “sebutnya.

Lihat juga...