Menang Gugatan PBB dan PKPI Lolos Verifikasi Administrasi

YOGYAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengumumkan hasil penelitian perbaikan verifikasi administrasi partai politik gelombang kedua, Minggu (24/12/2017). Dari verifikasi kali ini, KPU meloloskan dua dari sembilan partai politik mengikuti hasil keputusan gugatan di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Kedua partai politik yang menyusul ke tahap verifikasi faktual tersebut adalah Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). “Berdasarkan penelitian akhir terhadap dokumen persyaratan yang diserahkan oleh sembilan parpol, KPU menyimpulkan ada dua yang memenuhi syarat secara administratif dan dilanjutkan ke verifikasi faktual,” kata Komisioner KPU RI Hasyim Asy’ari dalam keterangannya di Yogyakarta, Minggu (23/12/2017).

Sebelumnya, sembilan partai yakni PKPI, PBB, Partai Idaman, Partai Bhinneka, PPPI, Partai Republik, Partai Rakyat, Parsindo dan PIKA gagal mendaftar ke KPU RI karena dokumen persyaratan pendaftaran yang tidak lengkap. Sembilan partai tersebut kemudian melaporkan komisioner KPU RI ke Bawaslu atas dugaan pelanggaran administrasi.

Dari proses gugatan di Bawaslu, akhirnya ke-dua parpol tersebut bisa kembali ke tahap verifikasi administrasi bakal calon peserta Pemilu 2019 karena berhasil memenangkan gugatan perkara di Bawaslu. Sementara tujuh partai yang tidak lolos verifikasi administrasi dan merasa tidak terima dengan keputusan KPU, dapat mengajukan gugatan ke Bawaslu.

Lihat juga...