Milan Ditaklukan Verona 0-3

MILAN – Musim buruk AC Milan mencapai titik keterpurukan yang baru ketika mereka takluk 0-3 di markas tim papan bawah Verona Minggu (17/12/2017). Hasil buruk tersebut tepat dua hari setelah UEFA menyoroti Milan terhadap situasi keuangan klub tersebut.

Antonio Caracciolo, Moise Kean, dan Daniel Bessa mencetak gol untuk Verona yang menghuni peringkat ke-17 di klasemen dan sebelumnya hanya memenangi dua pertandingan di liga musim ini. Hari buruk Milan semakin lengkap ketika Suso diusir keluar lapangan pada menit terakhir.

Milan, yang mengalahkan Verona dengan skor yang sama pada pertandingan Piala Italia empat hari silam, tercatat hanya mencatatkan satu kemenangan, satu kali imbang, dan satu kekalahan pada tiga pertandingan mereka di liga sejak mantan gelandang Gennaro Gattuso ditunjuk sebagai pelatih.

Juara Eropa tujuh kali Milan, di bawah kepemilikan konsorsium China sejak April, menghabiskan lebih dari 200 juta euro pada bursa transfer terakhir dalam upayanya untuk kembali menjadi salah satu kekuatan penting di Liga Italia. Kekalahan kali ini terjadi hanya dua hari setelah UEFA menolak permohonan Milan untuk kesepakatan sukarela untuk sementara membebaskan klub dari peraturan balik modal yang dikenal sebagai Financial Fair Play.

Masih terdapat ketidak pastian terkait keuangan pinjaman-pinjaman yang harus dibayarkan kembali pada Oktober 2018 dan jaminan keuangan yang disediakan oleh pemilik saham utama,” ujar UEFA dalam sebuah pernyataan mengenai AC Milan.

Caracciolo mendapatkan begitu banyak kebebasan oleh pertahanan Milan ketika ia menanduk bola yang masuk dari tendangan sudut Romulo pada menit ke-24. Bola membentur mistar gawang dan masuk tanpa dapat dihalau kiper Gianluigi Donnarumma.

Kean mencetak gol kedua setelah Bessa mengirimkan bola kembali pada sepuluh menit babak kedua, dan Bessa menambahi gol ketiga pada menit ke-77. Setelah menyambar operan Romulo, pemain Brazil itu leluasa merangsek dari sisi kanan. Suso diusir keluar lapangan karena menendang Daniele Verde, yang tengah tersungkur di tanah. Keputusan tersebut dibuat setelah melihat bantuan video tayangan ulang.

Sementara itu Juventus tidak mengalami masalah serupa ketika mereka menang 3-0 di kandang Bologna. Kemenangan tersebut membuat Juventur menyalip Inter Milan dan menduduki peringkat kedua kelasemen, tertinggal satu poin dari pemuncak klasemen Napoli yang menang 3-1 di markas Torino pada Sabtu (16/12/2017).

Miralem Pjanic membawa Juventus memimpin saat melawan Bologna pada menit ke-27 ketika ia melepaskan tendangan bebas melengkung dan masuk ke sudut atas gawang di tiang dekat. Pemain Bosnia itu juga menjadi aktor dari gol kedua yang dibukukan Mario Mandzukic sembilan menit kemudian, dan Blaise Matuidi melengkapi kemenangan timnya dengan sepakan setengah voli dari tepi kotak penalti pada babak kedua.

Juventus memiliki 41 poin, unggul satu poin dari Inter yang rekor tanpa kekalahannya terhenti akibat takluk 1-3 dari Udinese pada Sabtu (16/12/2017). Sementara Fiorentina menyia-nyiakan peluang untuk menggeser Milan ketika mereka ditahan imbang 0-0 oleh tamunya Genoa.

Gol cepat yang dibukukan Arlind Ajeti membawa Crotone menang 1-0 atas Chievo, kemenangan pertama mereka di bawah asuhan Walter Zenga, untuk mengakhiri laju empat kekalahan beruntun di liga. Sassuolo mengamankan kemenangan pada menit terakhir di markas Sampdoria melalui Alessandro Matri, tujuh menit setelah penalti rekan setimnya Matteo Politano digagalkan kiper Samp Emiliano Viviano. (Ant)

Lihat juga...