Misa Pertama Jelang Natal di Gereja Katedral Jakarta Berlangsung Khidmat

JAKARTA — Suasana Misa Pertama jelang malam Natal 2017 di Gereja Katedral Jakarta, Sawah Besar, Jakarta Pusat berlangsung tertib. Diperkirakan sekitar 6.000 jemaat umat Kristiani mengikuti seluruh rangkaian acara Misa dengan khidmat.

Pantauan Cendana News langsung dari dalam ruangan Gereja Katedral Jakart, Misa Pertama berlangsung mulai pukul 17:00 WIB hingga pukul 19:00 WIB. Pelaksanaan dipimpin masing-masing oleh Pendeta Romo Albertus Hani Rudi Hartoko, Romo Joannes Maryana dan Romo Franciscus Xaverius Adisusanto.

“Jumlah jemaat yang datang hampir memenuhi seluruh tempat duduk yang disediakan, baik yang ada di dalam gereja maupun yang berada di halaman Gereja Katedral Jakarta, nanti pukul 20:00 WIB akan dilangsungkan Misa Kedua,” jelas Media Relations dan Humas A. Susyana Suwadie di Jakarta, Minggu (24/12/2017).

Susyana Suwadie, Humas Gereja Katedral Jakarta/Foto: Eko Sulestyono

Sementara itu tema Natal Persatuan Gereja Indonesia (PGI) Tahun 2017 adalah “Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah dalam Hatimu” seperti yang dikutip dari Kitab Injil Kolese 3:15. Sedangkan tema Dekorasi Natal Tahun 2017 adalah “Damai Kristus Dalam Nuansa Nusantara”.

Sementara itu menurut penjelasan Susyana Suwadie, Dekorasi Natal adalah suatu tradisi Natal yang sudah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu yang memiliki keistimewaan sendiri yang khas. Karena itulah mengapa Dekorasi Natal berbeda dengan dekorasi perayaan lainnya serta dikenal di seluruh pelosok dunia.

Bagi umat Kristiani hiasan Natal bukan hanya sekedar semarak Natal, tapi mempunyai arti rohani yang mendalam, terutama pada saat sedang merasakan sedang merasakan Cinta Kasih Kristus yang hadir pada saat Natal. Hiasan Natal biasanya dalam bentuk kandang atau gua Natal, pohon Natal, corona Natal, lilin Natal, Malaikat dan bintang Natal.

Hingga berita ini ditulis, sekarang sedang dilakukan berbagai persiapan dalam rangka pelaksanaan Misa Kedua yang menurut rencana akan dimulai pada sekitar pukul 20:00 WIB. Sementara itu sebagian besar jemaat Gereja Katedral Jakarta saat ini sudah memasuki komplek halaman gereja dan bersiap memgikuti pelaksanaan Misa Kedua.

Lihat juga...