Monas dan Istiqlal Banjir Pengunjung

JAKARTA — Monumen Nasional (Monas) dan Masjid Istiqlal menjadi salah satu tempat tujuan wisata favorit pada masa liburan sekolah dan tahun baru. Kedua tempat tersebut pada hari libur Natal, Senin (25/12/2017), ramai dikunjungi wisatawan dalam dan luar Jakarta.

Para pengunjung seusai mengunjungi Monas dan Istiqlal mengantre mengular menunggu giliran terangkut bus tingkat wisata gratis untuk melayani penumpang yang akan menghabiskan waktu liburannya di ibu kota. Mereka mengantre di sisi jembatan penyeberangan orang (JPO) dekat Stasiun Juanda.

Ainur dari Bekasi bersama keluarganya di pelataran Monas usai keliling Monas, Senin (25/12/2017). -Foto: Makmun Hidayat.

Hari menjelang sore pun, pengunjung masih hilir-mudik memasuki kawasan Monas dan Istiqlal di saat yang lain telah usai menikmati liburan di Monas maupun Istiqlal. Mereka datang dan pergi bergantian.

Tampak di lokasi antrean masuk, persis di sisi pelataran bawah Monas, pengunjung membludak mengantre beli tiket. Sampai-sampai seorang petugas dari kepolisian melalui megaphone mengarahkan para pengunjung untuk tertib mengantre.

“Yang mengantre cukup satu orang, agar tidak terjadi penumpukan. Keluarga lain silahkan menempati sisi samping luar antrean,” kata petugas, seraya mengingatkan, kunjungan ke puncak Monas tiket telah habis.

Karena tiket tujuan puncak Monas sudah habis, pengunjung hanya bisa mengunjungi dua lokasi saja, yakni museum diorama Monas dan bagian Cawan Monas.

Tiket masuk ke dalam Monas tergolong ramah di kantong. Dibagi atas tiket tujuan cawan Monas dan puncak Monas. Tiket terusan ke puncak Monas dikategorikan tiga, anak-anak/pelajar Rp.2000, mahasiswa Rp.5000, dan dewasa/umum Rp.10.000. Sementara jika hanya di cawan Monas, tarif anak-anak/pelajar Rp.2000, mahasiswa Rp.3000, dan dewasa/umum Rp5000.

Total tujuan kedua tempat tersebut, total tarif masuk anak-anak/pelajar Rp4000, mahasiswa Rp.8000, dan dewasa/umum Rp.15.000.

Salah satu pengunjung Monas, Ainur dari Bekasi, mengaku ia bersama keluarganya terdiri istri, anak, dan orangtua, sengaja pada liburan kali ini mengunjungi Monas. Kata Ainur, agar keluarganya mengetahui keadaan di dalam Monas.

Namun, Ainur hanya keliling Monas saja, tidak sampai ke puncak Monas, karena tak kebagian tiket menuju puncak Monas. “Kita hanya keliling saja, antreannya panjang banget,” imbuhnya, saat ditemui di pelataran Monas.

Tak hanya kalangan keluarga saja yang menanfaatkan waktu libur Natal dengan mengunjungi Monas, namun juga sejumlah calon Polisi Wanita (Polwan) yang tengah mengikuti pendidikan Seba di Lemdiklat Polri di areal luar Monas.

Mereka mengaku telah mengunjungi dan mengelilingi Monas. Ketika diminta komentarnya, salah satu memberi komando dan menyampaikan tidak bisa memberikan komentar. Kendati begitu, tidak menolak untuk diambil foto dengan latar Tugu Monas.

Lihat juga...