Munaslub Golkar Diramaikan Meme Lucu

JAKARTA – Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Golkar akan digelar, Selasa (19/12/2017), dan di dunia maya, begitu ramai meme yang memberi reaksi seputar Munaslub Golkar.

Meme-meme yang terus bermunculan menunjukkan, netizen tampak kecewa berat dengan situasi di Partai Golkar. Meme menjadi cara yang efektif dan kreatif dalam mengkritik.

Meme seputar Munaslub Golkar -Foto: Ist

Meme adalah ide, perilaku, atau gaya yang menyebar dari satu orang ke orang lain dalam sebuah budaya. Meme merupakan neologisme yang digagas oleh Richard Dawkins. Sebagai unit terkecil dari evolusi budaya, dalam beberapa sudut pandang meme serupa dengan gen.

Richard Dawkins, dalam bukunya The Selfish Gene, menceritakan bagaimana ia menggunakan istilah meme untuk menceritakan prinsip Darwinisme untuk menjelaskan penyebaran ide ataupun fenomena budaya.

Beberpa meme antara lain, bertuliskan: ‘Dih sok-sok-an, padahal sama perempuan saja takut’.

Meme satir tersebut menyindir JK yang digambarkan “sok” membawa uang dan menggandeng Airlangga Hartarto menjadi Ketua Umum Partai Golkar. Tapi, mereka takut pada perempuan, dan netizen mengartikan perempuan itu adalah Titiek Soeharto.

Meme seputar Munaslub Golkar -Foto: Ist

Meme lainnya, bergambar JK yang berbicara, ‘Munaslub akan mengukuhkan Airlangga sbg ketum Golkar”. Tapi ada sosok orang DPD yang menanggapi, “Milih ketum kok jadi sulapan gini ya, Bu Titiek?” Ada juga yang menanggapi begini. “Cie cie suara DPD dicuekin, ya?”

Ada meme dengan gambar orang-orang Partai Golkar ke Munaslub memperebutkan kursi Ketum Golkar yang empuk. Tentu saja ada anak kecil yang menyindir, “Kalean cuma berebut kursi, gak malu sama Bu Titiek? Tuh senyum-senyum cantik. Kemudian, ada kalimat yang berbunyi, “Partai tanpa TOKOH? Pfffff… loe pikir caleg pilkada loe bakal laku?”

Meme dengan hastag #GolkarKembaliKeakar, di mana ada anak kecil bertanya pada pohon beringin (yang dimaksud tentu Partai Golkar), “Kenapa Loe Sedih Wahai Beringin?” Sang Beringin menjawab, “Gwe sedih Tong!!! Rasanya Bu Titiek di-dzolimi !!”

Lagi, ada meme dengan hastag #GolkarKembaliKeakar, JK bicara, “Airlangga ditunjuk mjd ketua berdasarkan pleno”, tapi membawa uang dolar bergepok-gepok. Kemudian, Aburizal menyahut, “Disahkan pada Munaslub” dengan gaya seperti pemain sulap. Tentu sosok orang berpeci DPD menanggapi dengan mempertanyakan, “terus suara DPD dikamanakan ya, Bu Titiek?”

Ada meme orang bertanya pada Rhoma Irama, “Bu Titiek gak diberi peluang maju caketum, komen bang!” Sang Raja Dangdut pun dengan tenang langsung menjawab, “SUNGGUH TER-LA-LU”

Masih banyak lagi meme-meme yang terus bermunculan seputar Munaslub Golkar, yang membuat kita tergelitik senyum.

Lihat juga...