Musim Penghujan Pengaruhi Harga Sayuran dan Ikan di Balikpapan

Editor: Irvan Syafari

44
Pedagang sayuran di Pasar Klandasan Balikpapan/Foto: Ferry Cahyanti.

BALIKPAPAN — Memasuki musim penghujan mempengaruhi tanaman sayur-sayuran yang menjadi kebutuhan pangan masyarakat Balikpapan. Sehingga beberapa komoditi sayuran mengalami kenaikan harga.

Sejumlah sayuran yang mengalami kenaikan harga di pasar tradisional adalah bayam. Saat ini harga bayam menjadi Rp10 ribu dari sebelumnya Rp5 ribu. Sementara harga Sawi juga meningkat dari Rp5 ribu menjadi Rp12 ribu.

“Naiknya harga sayuran sudah dua hari ini. Hanya tertentu saja yang naik, memang pengaruh cuaca katanya sih,” ungkap Seorang pedagang sayuran di Pasar Klandasan, Ane (35).

Dikatakannya, menjelang akhir tahun harga pangan tidak begitu kenaikan hanya beberapa saja yang mengalami kenaikan karena pengaruh cuaca.

“Minggu lalu sempat mengalami kenaikan cabai, tapi sekarang sudah turun Rp30 ribu per kilogram. Sebelumnya sempat Rp35 ribu per kilogram. Sayuran itu yang naik bayam dan sawi, kalau lainnya masih normal,” terangnya saat ditemui di sela aktivitasnya, Jumat (8/12/2017).

Selain beberapa komoditi sayuran yang mengalami kenaikan harga, untuk kebutuhan lauk pauk untuk masyarakat juga mengalami kenaikan.

Menurut seorang pengunjung pasar tradisional, Wibi, harga telur dan Ikan sudah mengalami kenaikan harga.

“Telur itu yang biasanya harga satu piring Rp47 ribu yang lumayan besar, sekarang mengalami kenaikan jadi Rp52 ribu. Katanya penjual sih pengaruh cuaca,” ucapnya selepas membeli telur di Pasar Klandasan.

Tak hanya Itu, harga ikan juga turut terkerek mengalami kenaikan. Bahkan ikan cenderung yang ada hanya ikan tertentu.

Sementara Itu, Kepala Dinas Perdagangan Balikpapan M Saufan mengakui beberapa komoditi mengalami kenaikan. Namun, kenaikan harga yang terjadi bukan karena faktor cuaca namun karena menjelang perayaan hati-hati besar.

“Sejauh ini kalau dari faktor cuaca belum berpengaruh karena stok ada saja. Barang kali itu karena mau ada perayaan hari besar makanya ada kenaikan dikit,” tandasnya.

Komentar