Natal 2017, Basarnas NTT Sudah Siaga di Pos Penyelamatan

KUPANG — Anggota Basarnas di Kupang, Nusa Tenggara Timur mulai disiagakan di sejumlah pos penyelamatan untuk membantu masyarakat NTT yang hendak merayakan Natal 2017 bersama keluarga di kampung halaman.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, Abram Benyamin Kolimon kepada Antara di Kupang, Jumat mengatakan pihaknya sudah membentuk posko siaga SAR di sejumlah tempat strategis yang berpotensi rawan kecelakaan.

Ia mengatakan, Posko Basarnas sudah mulai disiagakan sejak tanggal 20 Desember 2017 lalu dengan menempatkan petugas SAR serta peralatan evakuasi.

Beberapa lokasi strategis yang menjadi pusat siaga Basarnas Kupang menurut Abram, seperti Bandara Udara El Tari Kupang, Pelabuhan Tenau di Kota Kupang serta Pelabuhan Feri, Bolok, Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang.

“Semua anggota Basarnas Kupang saat ini sedang dalam kondisi siaga 24 jam dalam mengantisipasi terjadinya kecelakaan selama warga NTT pulang kampung untuk merayakan Natal 25 Desember 2017 maupun tahun baru 1 Januari 2018,” kata Abram.

Ia menambahkan, anggota Basarnas yang berada dalam koordinasi Kantor Basarnas Kupang yaitu Sumba dan Alor juga sedang dalam kondisi siaga dalam mengantisipasi adanya bencana alam maupun bencana sosial lainnya selama Natal dan musim hujan yang melanda NTT.

Abram mengimbau warga NTT untuk berhati-hati selama dalam perjalanan pulang kampung karena mobilitas warga menjelang perayaan Natal di NTT sangat tinggi.

“Kita juga mengimbau para nelayan untuk hati-hati selama terjadi cuaca ekstrem yang sedang melanda perairan NTT. Kita berharap agar para nelayan tidak memaksakan diri melaut jika kondisi cuaca sangat buruk,” tegas Abram.

Menurut dia, apabila ingin melaut tentu menggunakan perahu yang laik melaut serta dilengkapi fasilitas penyelamatan yang memadai (Ant).

Lihat juga...