Natal di Jayapura Papua Aman

JAYAPURA – Pelaksanaan ibadah Natal di sejumlah gereja yang ada di Kota Jayapura, Papua, berlangsung aman dan lancar. Pengamanan dilakukan dengan ketat oleh personil dari Polres Papua di backup Polda Papua.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal mengatakan, pengamanan pelaksanaan ibadah Natal di gereja-gereja yang ada di Kota Jayapura dilakukan pada Minggu dan Senin (24-25/12/2017). “Pengamanan dilakukan dengan sistem terbuka dan tertutup dengan melibatkan personel gabungan Polda Papua dan Polresta Jayapura Kota,” katanya, Senin (25/12/2017).

Pengamanan pelaksanaan ibadah Natal di Jayapura dilakukan di Gereja GKI Pengharapan Jayapura, Gereja Katedral Dok V, Gereja GKI Sion Dok VIII, Gereja Eden dan Gereja GKI Pniel Kotaraja serta seluruh gereja yang ada di Kota Jayapura dan sekitarnya.

Pengamanan dilakukan dengan menempatkan personel di depan pintu masuk halaman gereja, pengaturan arus lalu lintas, dan membantu para jemaat menyeberang jalan. Pengamanan dilakukan pada saat jemaat akan melaksanakan ibadah sampai dengan selesai ibadah.

Dengan dilaksanakannya pengamanan ini, para jemaat dari berbagai denominasi atau aliran gereja yang melaksanakan ibadah Natal merasa aman dan nyaman. “Selain sudah menjadi tugas kami sebagai personel Polri untuk menjaga Kamtibmas, momen ini juga merupakan ladang ibadah untuk memberikan rasa aman kepada saudara-saudara kita yang sedang melaksanakan ibadah di Hari Raya Natal 2017,” katanya.

Kondisi yang sama juga dirasakan di Kabupaten Merauke, Papua. “Sejauh ini situasi di Merauke aman, semua warga begitu peduli, saling menjaga toleransi,” kata Wakil Kepala Kepolisian Resor (Polres) Merauke Kompol I Nyoman Punia yang dihubungi dari Kota Jayapura.

Sebanyak 390 personel gabungan dari Polri, TNI, Dishub, Satpol PP, Pramuka, serta perguruan silat dikerahkan untuk melakukan pengamanan. Pengamanan dilakukan sejak ibadah malam kudus pada Minggu (24/12/2017) malam hingga Senin (25/12/2017) siang di 51 gereja yang ada di Kabupaten Merauke.

Menurut Dia, pengamanan ibadah Natal dilaksanakan dengan mengutamakan senyum, sapa, dan salam atau 3S dengan bertindak secara profesional, modern dan tepercaya. “Karena keselamatan umat yang hendak ibadah harus perhatikan,” kata Nyoman yang memimpin langsung proses pengamanan. (Ant)

Lihat juga...