Natal, Polda NTB Ancam Tindak Tegas Ormas Lakukan Sweeping

MATARAM — Jelang pelaksanaan perayaan ibadah Natal, Kepolisian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjamin suasana pelaksanaan ibadah akan berlangsung aman dan tenang sebagaimana pelaksanaan perayaan hari keagamaan lain di NTB.

Hal tersebut disampaikan Kapolda NTB, Brigjen Pol. Firli di Mataram menanggapi wartawan terkait pengamanan ibadah Natal dan Tahun Baru di Mataram, Jumat (15/12/2017).

“Sebagaimana ibadah agama lain, saya pastikan pelaksanaan ibadah Natal juga akan berlangsung aman, jadi tidak boleh ada sweeping. ketika ada sweeping langsung kita sikat” kata Firli.

Menurutnya, Negara Indonesia konsepnya kan sudah jelas sila pertama Ketuhanan yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Dengan demikian semua sudah jelas, sehingga masyarakat yang melakukan ibadah Natal memiliki hak yang sama dengan hari agama yang lain, jadi tidak ada persoalan.

“Kita sudah siapkan kalau ada ancaman sudah kita perhitungan dan kalkulasikan, sekarang sudah melakukan kegiatan, mulai dari tindakan preventif sampai, pencegahan hingga penindakan” katanya.

Sebelumnya Wakil Gubernur NTB, Muhammad Amin juga meminta kepada masyarakat, terutama tokoh agama, tokoh masyarakat bisa menjaga kondusifitas daerah NTB jelang Natal dan tahun baru.

Menurutnya kondusifitas daerah sangat penting dipastikan terjaga dengan baik. Selain untuk tetap menjaga kerukunan antara umat beragama yang telah terbangun dengan baik di NTB, juga menjaga iklim kunjungan wisatawan dan investasi.

“Jelang akhir tahun seperti sekarang, wisatawan yang datang berlibur ke NTB banyak, karena keamanan dan kenyamanan harus dipastikan bisa terjaga dengan baik, supaya wisatawan termasuk pelaksanaan ibadah Natal umat Kristiani bisa berlangsung aman dan nyaman” katanya.

Lihat juga...