Niluh Dewi Isi Liburan Sambil Tanamkan Cinta Buku

Buku bacaan yang dibawa sebagian besar merupakan buku yang sengaja dibeli bersama sang suami, Brigadir Polisi Kepala Agung yang bertugas di Satpolair Polres Lampung Selatan, sekaligus aktif dalam gerakan literasi di sejumlah kampung nelayan sekaligus melakukan kegiatan sebagai Bhabinkamtibmas perairan.

Buku bacaan bergambar untuk anak-anak tersebut sebagian merupakan donasi dari pemerhati gerakan literasi terutama anak-anak.

Buku yang dibawa dan digelar di halaman Menara Siger disebut Niluh Dewi selama hampir sepekan ini awalnya dikira buku yang akan dijual kepada pengunjung objek wisata tersebut. Namun, sebagian pengunjung yang mengajak anak-anak usia TK hingga usia SD, mulai mendekat untuk membaca buku.

Sebagian anak-anak yang diajak orang tuanya yang beristirahat bahkan menyempatkan untuk membaca buku bacaan yang dibawa oleh Niluh Dewi.

“Selain bisa mengajak anak saya berlibur dan memberi kesempatan anak-anak lain usia TK hingga SD, bahkan SMP membaca buku. Saya ingin anak-anak mendapatkan akses membaca buku,” beber Niluh Dewi.

Sebagian anak-anak yang membaca buku tersebut, kata Niluh, memintanta agar ia mengunjungi rumah anak-anak yang berlibur ke Menara Siger, sehingga ia berkoordinasi dengan simpul-simpul literasi lain yang menjadi relawan pustaka bergerak diantaranya Ardyanto sebagai relawan perahu pustaka dan sang suami yang berkeliling ke kampung nelayan.

Niluh Dewi juga mengaku beruntung aktivitasnya mendapat dukungan penuh dari suami sekaligus mengenalkan anak-anaknya berbagi melalui buku.

Niluh Dewi menyebut, meski di tempat wisata dan anak-anak sedang berlibur, ia memastikan kecintaan akan buku dan budaya membaca untuk generasi muda harus selalu ditularkan sejak dini.

Lihat juga...