NTB Targetkan Tuan Rumah PON XXI

Editor: Satmoko

45
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga NTB, Husnanidiaty Nurdin (kiri)/Foto: Turmuzi

MATARAM – Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menargetkan bisa jadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke 21 bersama Provinsi Bali. Mengingat di NTB PON sama sekali belum pernah dilaksanakan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) NTB, Husnanidiaty Nurdin mengatakan, target tersebut didasarkan kesiapan dan dukungan dari Pemprov NTB supaya iven berskala nasional tersebut bisa dilaksanakan di NTB bersama dengan Pemprov Bali yang juga telah menyatakan kesiapan menjadi tuan rumah bersama NTB.

“2024 kita targetkan PON ke 21 bisa dilaksanakan di NTB dan Gubernur sangat mendukung. Mulai 2018 mempersiapkan diri membangun dan membenahi sarana prasarana olahraga yang dibutuhkan,” kata Husnanidiaty di Mataram, Jumat (8/12/2017).

Gubernur juga telah memerintahkan langsung SKPD untuk segera berkoordinasi dengan KONI NTB, guna memuluskan keinginan menjadi tuan rumah PON XXI.

Ia mengatakan, dukungan kuat gubernur tersebut, bukan tanpa alasan, tapi didasarkan atas pertimbangan bahwa iven olahraga seperti PON pastinya akan memberikan multiplayer efek besar bagi kemajuan ekonomi NTB.

“Selain itu, pelaksanaan iven berskala nasional maupun internasional di daerah juga secara langsung akan menjadi promosi gratis bagi pariwisata NTB yang saat ini sedang mengalami geliat kemajuan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) NTB, Andy Hadianto mengatakan, sejumlah even berskala nasional hingga internasional pernah dilaksanakan, dan memang hanya PON yang belum dilaksanakan di NTB.

Karena itulah, dengan dukungan besar dari Pemprov NTB termasuk kesiapan Pemprov Bali yang mau berduet dengan NTB, bukan hal mustahil target pelaksanaan PON ke – 21 bisa dilaksanakan di NTB.

“Olahraga NTB tiada henti bergerak, banyak atlet asal NTB menghuni Pelatnas dan mengukir berbagai prestasi internasional, tidak berlebihan kemudian kalau iven besar berskala nasional macam PON bisa digelar di NTB,” katanya.

Ditambahkan, sejauh ini ada enam provinsi yang mengajukan diri sebagai tuan rumah PON XXI, yaitu Aceh-Sumatera Utara (tuan rumah bersama), Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat, Bali, dan Sumatera Barat.

Komentar