Nunukan Tak Miliki Data Warga Miskin

NUNUKAN – Pemerintah Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara mengakui tidak memiliki data valid masyarakat miskin yang ada di wilayahnya. Hal tersebut mengakibatkan penyaluran bantuan menjadi sering tidak tepat sasaran.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nunukan Andi Akhmad mengatakan, fakta penyaluran bantuan yang tidak tepat sasaran adalah imbas dari tidak adanya data warga miskin yang valid. “Memang kami tidak punya data valid soal masyarakat miskin makanya bantuan seringkali tidak tepat sasaran,” ujarnya, Minggu (24/12/2017).

Saat ini pemberian bantuan untuk warga miskin di Nunukan, masih mempergunakan data hasil validasi pada 2015 lalu. Data yang sudah berusia dua tahun tersebut seharusnya mendapatkan updating untuk disesuaikan dengan perkembangan situasi yang ada.

Jika penyaluran dilakukan berdasarkan data 2015, sangat dimungkinkan adanya temuan penyaluran bantuan yang tidak tepat sasaran. Dengan kondisi tersebut di 2018, Dinas Sosial Kabupaten Nunukan mengagendakan validasi dan verifikasi warga miskin sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.

Lihat juga...