Objek Wisata Bahari di Lamsel “Diburu” Saat Libur Sekolah

LAMPUNG — Memasuki liburan akhir pekan dan liburan sekolah semester ganjil sejumlah objek wisata di sepanjang pesisir Kecamatan Kalianda dan Rajabasa Kabupaten Lamsel mulai kebanjiran pengunjung.

Fitra (24) salah satu pengelola pantai Banding Resort di Desa Banding Kecamatan Rajabasa menyebutkan, kunjungan wisatawan sejak Sabtu (16/12) hingga Minggu (17/12) didominasi rombongan wisatawan keluarga. Dalam sehari kunjungan di angka ratusan pengunjung, berbeda saat hari biasa yang berkisar puluhan wisatawan.

Lokasi objek wisata pantai Banding Resort yang berada di jalan lingkar pesisir penghubung Kecamatan Kalianda, Rajabasa dan Bakauheni tersebut cukup strategis sehingga kerap menjadi rujukan bagi wisatawan terutama wisatawan keluarga yang ingin menikmati liburan.

“Tiket masuk yang cukup murah sebesar Rp10.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp20.000 untuk kendaraan roda empat disebutnya menjadikan lokasi pantai wisata Banding Resort sangat disukai dengan beberapa fasilitas yang bisa dinikmati,” terang Fitra saat ditemui Cendana News, Minggu (17/12/2017).

Fitra, salah satu pengelola objek wisata pantai Banding Resort Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan [Foto: Henk Widi]
Selain pantai Banding Resort, objek lainnya yang ramai pengunjung di antaranya Pulau Sebesi dan Gunung Krakatau dengan lokasi keberangkatan melalui dermaga Canti menggunakan kapal kayu dengan tiket Rp20.000 perorang.

Salah satu nahkoda kapal pengangkut penumpang, Andi,menyebut saat awal liburan ini pengunjung memang berkisar 20 hingga 30 orang perhari namun menjelang dua hari pergantian tahun wisatawan yang akan menyeberang ke Pulau Sebesi dan Krakatau bisa mencapai ratusan orang.

“Ada yang sengaja menyarter kapal sehingga paket perjalanan keberangkatan dan pulang sudah menjadi satu karena sebagian ingin menikmati pergantian tahun baru di Pulau Sebesi dan Gunung Krakatau,” terang Andi.

Andi menyebut potensi wisata bahari yang cukup banyak di pesisir Kecamatan Rajabasa masih menjadi magnet bagi wisatawan lokal Lampung dan dari luar wilayah Lampung namun salah satu kendalanya akses masuk ke jalan lingkar pesisir Rajabasa belum diperlebar sehingga bus bus ukuran besar belum bisa masuk. Rencana pemerintah daerah melakukan pelebaran jalan provinsi tersebut bahkan terkendala pembebasan lahan sehingga pengunjung masih sebatas menggunakan kendaraan pribadi dan roda dua.

Lihat juga...