Operasi Lilin Polres Bengkulu Tilang 138 Pengendara

BENGKULU – Kepolisian Resor Kota Bengkulu menilang 138 pengendara selama menggelar Operasi Lilin Nala 2017 yang telah digelar seminggu. Hal tersebut memperlihatkan masih kurang kedisiplinan pengendara di jalanan.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Kota Bengkulu, AKP Ilham S Sakti mengatakan, para pengguna jalan masih menyadari pentingnya keselamatan dan aturan di jalanan. “Kesadaran masyarakat sebagai pengendara sepeda motor dan mobil masih kurang sekali, mereka tidak berkendara sesuai aturan dan keselamatan,” ujarnya, Sabtu (30/12/2017).

Ilham mengatakan, kesadaran berlalu lintas masyarakat setempat masih rendah baik mengenai kelengkapan maupun keselamatan berkendara seperti sabuk pengaman dan helm. Termasuk kelengkapan surat-surat kendaraan. “Yang banyak kita temukan pelanggaran didominasi oleh kendaraan roda dua, pengendara berpotensi menjadi penyebab kecelakaan,” tambah Ilham.

Beberapa model pelanggaran yang ditemukan diantaranya kendaraan tidak dilengkapi dengan peralatan standar pabrik. Bahkan ada yang mencopot atau mengganti lampu kendaraan dengan lampu yang menyilaukan mata pengendara lain.

Selain itu, juga ada yang menggunakan knalpot dengan bunyi bising yang mengganggu pengguna jalan lain. “Seharusnya pengendara bisa lebih tertib, hal itu demi keselamatan pribadi serta pengguna jalan lain, termasuk para pejalan kaki,” tandasnya.

Pada Operasi Lilin Natal 2017, telah terjadi satu kecelakaan lalu lintas yang merenggut nyawa seorang pejalan kaki. “Kita masih menyelidiki pengendara penabrak, kejadiannya dini hari dan tidak ada saksi, kami baru dapat menganalisa kendaraan yang menabrak adalah sepeda motor, itu terlihat dari jejak ban,” ujarnya.

Sementara itu, Polres Bengkulu juga mengimbau wisatawan lokal yang ingin merayakan malam tahun baru di Kota Bengkulu agar tidak menggunakan mobil bak terbuka sebagai kendaraan penumpang. Penggunaan kendaraan barang tersebut sangat membahayakan nyawa penumpang yang duduk di bak belakang, apalagi biasanya penumpang adalah anak-anak dan perempuan. (Ant)

Lihat juga...