Pantai Belang di Sikka, Kian Ramai Dikunjungi Saat Liburan

MAUMERE — Setiap hari libur nasional maupun akhir pekan, warga selalu menyambangi berbagai tempat wisata termasuk pantai-pantai wisata di sekitar kota Maumere kabupaten Sikka.

Seperti halnya pantai Belang di kelurahan Wailiti kecamatan Alok Barat yang berjarak 8 Km arah barat kota Maumere. Bentangan pasir putih sejauh hampir 400 meter membuat pantai ini dari waktu ke waktu semakin diminati.

“Kami dulu hanya menyediakan 4 lopo atau pondok saja namun sejak semakin ramai pengunjung kami membangun lagi hingga saat ini terdapat 18 pondok yang bisa disewa pengunjung 20 ribu rupiah,” ujar Endi Dinong pemilik lokasi pantai Belang, Minggu (17/12/2017).

Kepada Cendana News, Endi menyebutkan, meski ramai namun waktu menikmati objek dibatasi pukul 18.00 WITA saja dan tidak boleh sampai malam. Meski banyak yang meminta agar lokasi tersebut juga dibangun penginapan namun dirinya bersikeras tidak akan membangunnya.

“Saya ingin tempat ini murni menjadi tempat wisata saja bukan menyediakan fasilitas yang disalahgunakan sebagai tempat mesum bagai pasangan yang hanya ingin bersenang-senang secara pribadi,” ungkapnya.

Harga tiketnya pun tergolong murah sebut Endi dimana pengunjung tidak dikenakan biaya masuk secara perorangan. Pengunjung hanya membayar parkir saja dimana kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp5 ribu dan mobil sebesar Rp10 ribu.

Para pengunjung pantai wisata Belang kelurahan Wailiti kecamatan Alok Barat yang datang bersama rombongan. Foto : Ebed de Rosary

Selain itu lanjutnya, untuk menyewa pondok dirinya mengenakan tarif 20 ribu rupiah seharian sementara sewa pelampung juga 5 ribu rupiah. Dirinya juga menyediakan ikan dan jagung muda yang bisa dibeli pengunjung bila ingin membakarnya sendiri di pantai serta kelapa muda seharga 5 ribu rupiah sebuah.

“Harga memang tidak mahal karena banyak pengunjung yang merupakan masyarakat kelas bawah dan manengah. Kalau berkelompok biasnaya mereka juga menyewa sound sistem juga untuk karaoke atau berjoget,” tuturnya.

Maria Magdalena salah seorang warga Wailiti mengatakan, untuk ukuran pantai wisata pantai Belang memang menawarkan harga yang murah. Ini yang membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi saat hari libur dan banyak juga organisasi maupun kantor-kantor pemerintah dan swasta yang mengadakan acara di pantai ini.

“Banyak pengunjung yang membawa anggota keluarganya dan lebih suka mandi di laut. Mereka juga membawa makanan dan minuman dari rumah sehingga hanya menyewa pondok saja untuk bersantai sambil menikmati suasana pantai yang tenang,” tuturnya.

Maria mengakui sering mengadakan acara di pantai ini bersama rekan-rekan di kantornya maupun komunitas di pantai Belang karena tempatnya nyaman dan aman. Lokasi disini juga banyak dipenuhi oleh pepohonan besar sehingga membuat teduh dan seperti hutan.

“Sekali berwisata ke tempat ini satu orang paling banyak menghabiskan uang 50 ribu rupiah apalagi jaraknya yang dekat dengan kota Maumere membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi. Tempatnya juga bersih dan fasilitasnya juga lumayan bagus,” pungkasnya.

Lihat juga...