Pantai Tiram Padang Pariaman Tempat Wisata Kuliner

PADANG PARIAMAN — Wisata pantai yang ada di Sumatera Barat (Sumbar), tidak hanya sebagai tempat berwisata snorkeling (menyelam) saja. Seperti halnya di Pantai Tiram, Kabupaten Padang Pariaman. Lokasi yang terletak sekira 12 kilometer dari Bandara Internasional Minangkabau itu, hanya menemukan pusat kuliner-kuliner khas daerah tersebut.

Dari jalan-jalan di sepanjang Pantai Tiram itu, setidaknya ada sekira puluhan tempat yang didirikan di pinggiran genangan air pasang dekat Muaro Tiram. Sajian kuliner yang dapat dicicipi beragam, mulai dari salah lauak, peyek udang, gulai kapalo ikan, goreng jaringan batokok, gulai pucuak ubi, dan berbagai jenis kuliner lainnya.

Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur menjelaskan, kelezatan masakan masyarakat di Padang Pariaman menjadi salah satu alasan adanya wisata kuliner di Pantai Tiram tersebut. Tidak hanya itu, menikmati pemandangan nan hijau dari tanaman cemara akan lebih pas jika sembari menikmati sajian kuliner.

Ia menyebutkan, cukup banyak orang-orang berkeluarga, para pelajar yang datang dari berbagai daerah untuk berkunjung ke Pantai Tiram. Meski di lokasi wisata tersebut tidak terlalu menyediakan tempat bermain, namun dengan menikmati sajian kuliner, terlihat kepuasaan dari para pengunjung yang datang.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman memang tengah serius melakukan pembenahan lokasi Wisata Pantai Tiram. Hal ini mengingat, Pantai Tiram merupakan salah satu wisata unggulan di Padang Pariaman,” ucapnya, Minggu (10/12/2017).

Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur/Foto: M. Noli Hendra

Ia menyebutkan, Pantai Tiram paling ramai dikunjungi ketika hari-hari libur atau hari di penghujung pekan. Apalagi, akses untuk menuju Pantai Tiram sangat mudah jika dari Kota Padang. Sementara kalau pengunjung turun dari BIM, dan bertujuan untuk menuju Pantai Tiram, hanya perlu menempuh perjalanan sekira 12 kilometer.

Soal harga untuk menikmati kuliner di Pantai Tiram, dipastikan tidak ada istilah “main pakuak” atau harga seenak pedagang. Suhatri Bur menegaskan, Pemkab Padang Pariaman telah menyampaikan kepada para pedagang untuk memberikan pelayanan yang baik, serta harga makanan yang dijual harus harga normal.

“Terkadang ada pedagang yang menaikan tarif makan, apalagi kalau melihat ada tamu luar dari Sumbar yang datang. Nah, di Pantai Tiram, hal itu tidak akan terjadi,” tegasnya.

Sementara itu, dari keterangan salah seorang pengunjung, Eka, yang datang dari Kabupaten Solok Selatan mengatakan, biasanya berwisata kuliner itu hanya bisa menikmati kuliner semata. Tapi, kalau di Pantai Tiram, menikmati kuliner sembari memandang keindahan Pantai Tiram.

“Tempatnya nyaman, bersih, udaranya segar. Dan yang pastinya, masakan di sini benar-benar lezat,” ujarnya.

Lihat juga...