Pantau Arus Kendaraan, Kakorlantas Sisir Jalur Mudik Jakarta-Jateng

JAKARTA – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa memantau langsung arus kendaraan di libur tahun baru. Royke mengemudi sendiri kendaraan menyisir jalur tol Jakarta menuju Jawa Barat dan Jawa Tengah, Jumat (29/12/2017) malam.

Pemantauan pada Kamis malam dilakukan mempertimbangkan hari tersebut merupakan hari kedua puncak mudik libur natal dan tahun baru. Pemantauan diawali untuk arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Cikampek di Pintu Tol Gerbang Cikarang Bekasi Jawa Barat “(Jumat) malam ini merupakan hari mudik kedua. Yang pertama pada 22 Desember 2017lalu,” kata Irjen Polisi Royke, Jumat (29/12/2017) malam.

Berdasarkan data dari PT Jasa Marga, Royke menyebut, jumlah kendaraan yang melintasi Gerbang Cikarang Utama untuk keluar Jakarta mencapai 244.000 unit pada Jumat (29/12/2017) malam. Sementara membandingkan jumlah kendaraan yang melintas pada Jumat (29/12/2017) pukul 20.00 WIB jumlahnya sebanyak 58.000 unit atau meningkat sebesar 1,9 persen dibandingkan hari normal.

“Diperkirakan secara akumulasi (Sabtu) akan mencapai 68 ribu meningkat sepuluh persen dari waktu normal,” ungkap Royke.

Peningkatan jumlah kendaraan itu cukup normal karena tidak ada lonjakan. Sementara antrian kendaraan relatif sedikit pada KM 11 Bekasi arah Cikampek dan hal tersebut dipengaruhi oleh adanya penyempitan jalan. Namun setelah penyempitan jalan arus kendaraan kembali lancar sehingga laju kecepatan normal.

Terkait pengamanan, Royke menyatakan kondisi dan situasi arus mudik masih normal dengan menempatkan sejumlah petugas. Usai memantau Pintu Tol Cikarang Utama, Royke melanjutkan perjalanan ke Tol Cipularang menuju arah Bandung.

Royke memperkirakan puncak arus balik kendaraan usai liburan Natal dan Tahun Baru akan terjadi pada Senin (1/1) sore. Petugas mengantisipasi kemacetan lalu lintas pada KM 45 dan KM 20 dari arah Cikampek menuju Jakarta karena terdapat penyempitan jalan.

Royke juga mewaspadai kepadatan arus balik kendaraan di Puncak Bogor menuju Tol Jagorawi dan Tol Palimanan. Petugas mempersiapkan skenario mengurai kepadatan kendaraan melalui contraflow dan pengalihan arus. (Ant)

Lihat juga...