Pantau Jalur Mudik, BPP Siaga Natal dan Tahun Baru

BALIKPAPAN – Pantau Jalur Mudik selama Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 (Nataru), Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan (BPP) Balikpapan mendirikan posko siaga pengamanan bekerjasama dengan instansi lainnya hingga otoritas bandara dan pelabuhan. Posko dibuka mulai hari ini (20/12) hingga 1 Januari 2018.

“Kami ada di kawasan bandara seperti bandara Sepinggan Balikpapan dan bandara Juwata Tarakan. Kalau pelabuhan ada di Semayang Balikpapan dan Tengkayu yang juga di Tarakan,” kata Kepala BPP Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (Kaltimra), Gusti Anwar saat pemaparan kesiapsiagaan menghadapi Nataru, di Kantor BPP, Rabu (20/12/2017).

Menurutnya, potensi bahaya atau musibah tidak hanya terjadi di daratan saja melainkan juga di kawasan perairan. Mengingat jalur transportasi di Kaltimra juga bisa dilewati melalui perairan.

“Laporkan jika menemukan yang membahayakan bagi manusia baik di perairan maupun darat. Kami siap siaga melakukan pertolongan,” tandasnya.

Berdasarkan data Kantor BPP Kaltimra, data musibah ditangani hingga November 2017 mencapai 17 kejadian dengan jumlah korban 213 jiwa di antaranya korban selamat 178 jiwa, meninggal 30 jiwa dan hilang 5 jiwa.

“Jumlah musibah itu menurun jika dibandingkan pada 2016 yang mencapai 70 kejadian,” sebut Gusti.

Lebih dari 10 personel melakukan patroli di kawasan pantai mulai dari Lamaru dan Manggar di kota Balikpapan, kawasan Tepian di Samarinda dan pantai Amal Sangata di Kutai Timur.

“Tidak hanya jalur mudik yang dipantau. Kami juga pantau lokasi wisata dimana kawasan keramaian. Untuk berjaga-jaga di posko yang telah didirikan bersama,” ujarnya.

Gusti Anwar saat pemaparan program BPP. Foto: Ferry Cahyanti
Lihat juga...