Pasar Inpres Kebun Sayur Balikpapan Tawarkan Suvenir Khas Kalimantan

BALIKPAPAN — Pusat oleh-oleh yang ada di pasar Inpres Kebun Sayur Balikpapan menjadikan salah satu destinasi yang sangat diminati pengunjung. Pasar sederhana ini menawarkan banyak suvenir khas Kalimantan yang sayang untuk dilewatkan.

Di sini akan menjumpai kain tenun sarung khas Balikpapan, untaian batu-batuan atau yang sering disebut manik-manik warna-warni yang dijadikan dompet, tempat tisue, tempat pensil, kalung dan gelang.

Bahkan pengunjung juga akan menemukan kerajinan tangan khas suku Dayak seperti mandau, baju adat, topi yang terbuat dari untaian manik, miniatur rumah dayak hingga batu batu mulia dalam bentuk perhiasan.

Pasar Inpres Kebun Sayur Balikpapan juga masuk nominasi kategori obyek wisata belanja terpopuler dalam voting Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017.

Sepanjang tahun 2017, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporabudpar) Balikpapan mengklaim bahwa destinasi pasar Inpres Kebun Sayur memiliki tingkat kunjungan yang cukup tinggi. Karena setiap pengunjung yang datang ke Balikpapan pastinya selalu meluangkan waktunya untuk ke pusat oleh-oleh Kebun Sayur.

Rizkiyah salah seorang Pedagang Souvenir Kalimantan/Foto: Ferry Cahyanti

Salah seorang pedagang, Rizkiyah mengatakan, berdiri sejak puluhan tahun lalu, pengunjung yang datang tidak hanya dari Balikpapan, namun juga dari berbagai daerah. Mereka yang datang mencari suvenir khas Kalimantan.

“Yang sangat dicari itu kalung manik-manik dengan motif dayak, gelang dan kerajinan tangan yang memiliki khas Kalimantan. Ramai, setiap hari ada pengunjung yang datang,” kata perempuan yang sudah berdagang sejak tahun 1989, Minggu (10/12/2017).

Terpisah Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Balikpapan, Oemy Fasesly menuturkan pasar inpres Kebun Sayur menawarkan banyak souvenir khas Kalimantan yang dijual oleh pedagang. Bahkan harganya juga beragam, mulai dari termurah hingga harga sesuai dengan kualitasnya.

“Setiap pertemuan nasional ataupun internasional ada di Balikpapan kami selalu mempromosikan obyek wisata di Balikpapan salah satunya pasar Inpres Kebun Sayur,” tambahnya.

Lihat juga...