Pasca Dihantam Gelombang Pasang Usaha Kuliner di Rajabasa Berangsur Normal

LAMPUNG — Terjangan gelombang pasang dampak dari siklon tropis dahlia sempat memporakporandakan kawasan wisata kuliner di pesisir Kecamatan Rajabasa. Salah satunya di Desa Kunjir tepatnya di dusun I dan dusun II.

Sanah (50) salah satu pemilik warung penyedia makanan dan minuman ringan di dusun II Kunjir menyebutkan, gelombang besar yang merusak sejumlah fasilitas di tepi pantai Kunjir pada Kamis (30/11) membuat ia harus berhenti aktifitas hingga Rabu (6/12) dan kembali membuka warungnya sejak Kamis (7/12) setelah dipastikan cuaca kembali normal.

“Masih was was dengan kejadian gelombang besar yang naik hingga ke jalan dan perumahan sehingga saya sempat berhenti jualan kuliner namun tiga hari terakhir mulai kembali buka karena perlengkapan seperti kulkas, barang dagangan sempat diangkat ke rumah selama gelombang pasang kuatir diterjang ombak,” beber Sanah saat ditemui Cendana News di kawasan wisata kuliner Kunjir Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan, Sabtu (9/12/2017).

Sanah di depan warung kuliner miliknya di jalan pesisir Desa Kunjir Kecamatan Rajabasa yang sempat terimbas gelombang pasang [Foto: Henk Widi]
Hal senada juga disampaikan salah seorang pedagang kuliner yang mulai beroperasi di pantai Kunjir, Siti (33), pemilik Joya Mie Ayam Bakso, ia mulai kembali beroperasi meski kondisi angin kencang membuat pelanggan sepi.

Siti menuturkan, pasca kondisi cuaca membaik, warung kuliner yang kerap digunakan untuk bersantai oleh anak anak muda dan siswa sepulang sekolah kembali ramai dengan kunjungan rata rata perhari mencapai puluhan orang.

“Saat gelombang pasang memang terasa sekali berkurang dan meski sempat tutup hingga sore karena malam sudah tak berani buka saat gelombang terjadi pada malam hari,” terang Siti.

Warung kuliner mie ayam bakso yang normalnya buka sejak pagi hingga malam hari diakuinya sempat hanya buka hingga sore ketika cuaca buruk melanda wilayah tersebut dan kini kembali normal buka hingga malam hari seiring dengan semakin banyaknya wisatawan yang menikmati suasana pantai sekaligus menyantap berbagai sajian kuliner di tempat tersebut.

Sebagian gubuk masih rusak pasca diterjang gelombang pasang siklon tropis dahlia [Foto: Henk Widi]
Feti (14) dan Helma (15) siswa salah satu SMP di Kecamatan Rajabasa seusai pulang sekolah dan akan menuju rumah mengaku menyempatkan diri bersama beberapa kawan menikmati kuliner mie ayam bakso dan es campur sembari menikmati suasana pantai. Normalnyaa kondisi cuaca di pantai pesisir Kunjir membuat ia dan kawan kawannya bisa menyantap kuliner di tepi pantai sembari melihat pemandangan ke arah pantai dengan latar belakang Gunung Krakatau tersebut.

Lihat juga...