Pasca Ujian Semester, SMP Muhamadyah Penengahan Gelar Perkemahan

LAMPUNG — Isi kegiatan pasca ujian semester ganjil puluhan siswa kelas VII,VIII dan IX SMP Muhammadiyah Penengahan menggelar kegiatan perkemahan Hizbul Wathan di halaman sekolah. Mereka menunggu pembagian rapor yang akan dilaksanakan pada Sabtu (16/11).

Menurut Supril Husin, S.Pdi selaku wakil kepala sekolah SMP Muhammadiyah, Hizbul Wathan menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler wajib bagi seluruh siswa.

Kegiatan perkemahan kepanduan Hizbul Wathan disebut Supril Husin merupakan kegiatan positif dalam dunia pendidikan terutama sekolah Muhammadiyah yang berasaskan Islam.

Para siswa memiliki karakter remaja muslim yang mandiri serta memiliki aqidah Islamiyah dan membentuk akhlaq yang mulia. Beberapa guru dan pembina pendamping menurut Supril Husinmendampingi siswa dalam kegiatan kepanduan selama tiga hari tersebut.

“Kegiatan kemah kepanduan hizbul wathan merupakan sarana untuk membentuk kader Muhammadiyah yang memiliki fisik dan mental sekaligus peduli dengan lingkungan karena akan diisi dengan lintas alam dan penanaman pohon di beberapa lokasi,” terang Supril saat ditemui Cendana News seraya melakukan pendampingan kemah hizbul wathan di halaman sekolah setempat, Kamis (14/12/2017)

Tutur dia sebuah metode pendidikan Hizbul Wathan juga memiliki arti pembela tanah air. Kepanduan ini sejak dini menanamkan jiwa dan semangat nasionalisme yang tinggi, serta membela dan mempertahankan tanah air Indonesia dari segala hal yang dapat mengancam keutuhan dan kedaulatannya.

Selain itu secara khusus dengan diwajibkan mengikuti kegiatan hizbul wathan para siswa bisa mengemban visi dan misi Muhammadiyah dalam mendidik generasi muda.

Rani, pemimpin regu putri Hizbul Wathan SMP Muhammadiyah menyebut pada hari pertama kemah diisi dengan pembukaan dengan pendirian tenda.
Upacara pembukaan dipimpin langsung oleh kepala sekolah SMP Muhamadiyah.

Kemudian dilanjutkan dengan materi materi terkait pendidikan kepanduan seperti hiking, penanaman pohon serta kegiatan lain yang ditutup dengan pelantikan anggota baru Hizbul Wathan dari kelas VII.

“Kegiatan kepanduan pandu putra dan pandu putri ini akan diakhiri dengan pelantikan anggota baru dan kenaikan tingkat,” terang Rani.

Pada kegiatan kemah anggota baru juga akan dikenalkan dengan prinsip dasar kepanduan Hizbul Wathan, kode kehormatan yang merupakan janji, semangat dan akhlak pandu hizbul wathan baik dalam kehidupan pribadi maupun bermasyarakat.

Anggota juga memperlajari undang undang pandu Hizbul Wathan serta tentang Kemuhammadiyahan. Harapannya setelah mengikuti perkemahan para siswa memiliki sikap mandiri dan bisa mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

Lihat juga...