Pasir Putih Cukuh Andan Wisata Keluarga di Rajabasa Lamsel

LAMPUNG — Pantai Cukuh Andan Desa Rajabasa Kecamatan Rajabasa yang masih alami menghadirkan pesona tersendiri. Pasir putih yang membentang bak permadani, deburan ombak yang menghempas pantai menyajikan irama-irama khas ditambah dengan hamparan pulau-pulau yang terlihat seperti lukisan menjadikan kebersamaan bersama keluarga lebih indah.

Pantai Cukuh Andan masih terlihat alami karena belum tersentuh pembangunan tanggul penahan gelombang. Ratusan meter pantai berpasir putih yang menghadap ke Pulau Sebesi, Kepulauan Krakatau dan Pulau Sangtiga di Kecamatan Rajabasa.

Suasana pantai di pantai Cukuh Andan cukup asri dengan ditumbuhi pepohonan kelapa, waru pantai, pasir putih yang bersih, ombak yang tenang serta fasilitas istirahat berupa balai balai bambu, gazebo dari bambu beratapkan daun rumbia serta area parkir pun cukup memadai.

Misnawati (32) salah satu warga Way Baru Bakauheni yang bekerja sebagai tenaga kerja wanita (TKW) menyebutkan, bermain bersama keluarga di objek pantai Pasir Putih Cukuh merupakan kebahagian tersendiri. Apalagi suasana kekeluargaan didukung dengan keindahan alam yang masih alami.

Misnawati mengungkapkan, selain memiliki pantai yang nyaman untuk bermain anak anak, ia juga bisa mencari batu batu apung untuk hiasan serta mencari kerang kerang unik yang bisa dipergunakan untuk bermain anak anak.

Fasilitas ayunan dari tali tambang kapal di pohon waru laut juga bisa digunakan di objek wisata tersebut dan bivak dari bekas jaring nelayan kerap dipergunakan oleh wisatawan untuk bersantai sembari menikmati semilirnya angin.

“Hanya saja fasilitas keamanan berupa ban pelampung serta penjaga pantai tidak disediakan saat pengunjung belum ramai sehingga wisatawan harus berhati hati saat berenang di pantai tersebut,” tambahnya saat berbincang dengan Cendana News, Minggu (10/12/2017).

Dikatakan, akses menuju ke pantai Cukuh Andan memang sangat mudah karena berada di dekat jalan lingkar pesisir Rajabasa.

Ida (39) teman Misnawati yang mengajak serta keluarganya menyebutkan, pantai Cukuh Andan sangat nyaman bahkan anak anak bisa bermain pasir serta berenang. Pasca gelombang pasang pantai tersebut bahkan terlihat lebih bersih sehingga anggota keluarga yang sebagian anak laki laki bisa bermain bola di tepi pantai.

Misnawati salah satu pengunjung pantai Cukuh Andan Desa Rajabasa Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan [Foto: Henk Widi]
Ida bahkan memastikan seperti wisata pantai pada umumnya di pesisir Rajabasa yang dekat dengan sejumlah tempat pendaratan ikan nelayan tradisional membuat ia dan keluarganya bisa melakukan tradisi bancakan atau makan bersama.

“Kami sengaja membawa ayam yang sudah dibersihkan untuk dibakar di sini. Tambahannya ikan segar dibeli dari pelelangan ikan Way Muli bisa dibakar dan disantap di sini untuk mempererat persaudaraan karena selain keluarga tetangga juga berlibur bersama kami,” beber Ida.

Pilihan berwisata di objek wisata pantai Cukuh Andan diakui Ida karena jarak tempuh dari rumahnya yang berada di Way Baru Bakauheni hanya berjarak sekitar 50 kilometer dan bisa dicapai dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dengan menggunakan kendaraan roda empat sembari melihat sejumlah lokasi wisata pantai lain secara sepintas yang menghadap ke laut lepas Selat Sunda dan bisa melihat kepulan asap Gunung Krakatau dari tepi pantai.

Lihat juga...