Paulo Goncalves Pemain Terbaik Liga 1 2017

JAKARTA – Penyerang Bhayangkara FC Paulo Goncalves dinobatkan menjadi pemain terbaik kompetisi GoJek Traveloka Liga 1 musim 2017. Goncalves mengalahkan pesaingnya, pemain PSM Makassar Wiljan Pluim dan striker Bali United Sylvano Comvalius yang kini membela tim Thailand Suphanburi FC.

Paulo Goncalves tampil gemilang di Liga 1 dengan membuat total sembilan gol dan 10 assist. Penghargaan itu diberikan kepada Paulo Goncalves di ajang Malam Penghargaan GoJek Traveloka Liga 1 di Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2017) malam.

Penyerang yang lahir di Portugal 33 tahun lalu itu juga memiliki akurasi tembakan 52 persen dan akurasi operan 73 persen. Pria bernama lengkap Paulo Sergio Moreira Goncalves direkrut oleh Bhayangkara FC pada tahun 2017 dengan status marquee player.

Dia menghabiskan masa muda dan remajanya sebagai pesepak bola di klub besar Portugal Benfica dan Sporting Lisbon. Sebagai pemain, dia pernah membela beragam klub di Eropa sebelum akhirnya berlabuh di tim Brunei Darussalam DPMM FC hingga 2016 dan Bhayangkara FC setahun setelahnya. Di tim nasional, Paulo pernah memperkuat tim nasional Portugal U-19, U-20 dan U-21.

Selain pemain terbaik, malam penghargaan juga memberikan beberapa penghargaan lain seperti wasit, tim dan pemain di Liga 1. Kategori penghargaannya adalah wasit terbaik, penghargaan tim fairplay, pemain muda terbaik, gol terbaik, pencetak gol terbanyak dan 11 pemain terbaik.

Gelar wasit terbaik Liga 1 2017 diberikan kepada Mustofa Umarella. Mustofa sebelumnya dinobatkan sebagai wasit terbaik Piala Presiden 2016. Kemudian, Perseru Serui ditahbiskan menjadi tim paling fair play sepanjang Liga 1.

Gelar pemain muda terbaik jatuh kepada bek kanan Persija dan juga punggawa timnas U-23 di SEA Games 2017, Malaysia, Muhammad Rezaldi Hehanusa. Dia mengungguli rekannya di timnas U-23 Septian David Maulana (Mitra Kukar) dan Muhammad Arfa (PSM Makassar).

“Terima kasih untuk semua dukungannya. Saya bangga sekali dengan gelar ini. Semoga ke depan bisa menjadi lebih baik,” ujar Rezaldi.

Selanjutnya, status sebagai pemain terbaik Liga 1 diberikan untuk pemain Bhayangkara FC Paolo Sergio Goncalves yang mengalahkan dua nominator Willem Jan Pluim (PSM Makassar) dan Sylvano Comvalius, penyerang Bali United yang kini membela tim Thailand Suphanburi FC.

Gol terbaik di Liga 1 diberikan kepada gelandang serang Mitra Kukar Septian David Maulana. Gol itu diciptakan melalui tendangan bebas yang dieksekusi sempurna saat Mitra Kukar menghadapi Persiba Balikpapan di Stadion Batakan, Jumat (10/11/2017).

Penghargaan lain diserahkan kepada pencetak gol terbanyak Liga 1 Sylvano Comvalius yang membuat 37 gol sepanjang Liga 1 dan memecahkan rekor Peri Sandria dengan 34 gol di musim 1994-1995.

Lalu untuk 11 pemain terbaik, PT LIB memilih nama-nama yang dianggap memiliki kemampuan teknik dan penampilan yang berpengaruh bagi tim.

Para pemain tersebut adalah Andritany Ardhiyasa (penjaga gawang/Persija Jakarta), Gavin Kwan Adsit (bek kanan/Barito Putera), Willian Pacheco (bek tengah/Persija), Hamka Hamzah (bek tengah/PSM Makassar), Rezaldi Hehanusa (bek kiri/Persija), Bayu Pradana (gelandang/Mitra Kukar), Wiljan Pluim (gelandang/PSM Makassar), Paulo Goncalves (gelandang/Bhayangkara FC), Septian David Maulana (gelandang/Mitra Kukar), Irfan Bachdim (penyerang/Bali United) dan Sylvano Comvalius (penyerang/Bali United).

Dalam acara tersebut juga diberikan penghargaan untuk juara GoJek Traveloka Liga 1 2017 yaitu Bhayangkara FC. Ini merupakan gelar juara liga pertama Bhayangkara FC di kompetisi liga tertinggi Indonesia. (Ant)

Lihat juga...