Peduli Biota Laut, Tanam Bakau dan Terumbu Karang

MAUMERE – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Maumere selain melakukan penanaman pohon pelindung di pesisir pantai Bhere bekerjasama dengan Universitas Nusa Nipa (Unipa) Maumere juga menggandeng BRI cabang Maumere melakukan penanaman bakau, ketapang serta terumbu karang.

“Kami menggandeng BRI cabang Maumere, Unipa Maumere, Bank Sampah Flores dan Komunitas Diving di Sikka melakukan kegiatan penananam pohon ketapang laut dan bakau di pesisir pantai sekitar markas komando Lanal Maumere,” ujar Danlanal Maumere, Kolonel Marinir Sumantri Rabu (20/12/2017).

Kepada Cendana News, Sumantri mengatakan, dalam kegiatan yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu pihaknya juga melepas ratusan bibit udang ke laut di samping dermaga Lanal Maumere. Ini juga sebagai bagian dari menjaga agar udang yang semakin sulit ditemui di perairan bisa berkembang biak.

“Dalam kegiatan ini kami juga mengajak semua peserta untuk peduli biota laut dengan melakukan transplantasi karang yang akan dilepas di dasar laut di sekitar dermaga Lanal Maumere,” tutur Danlanal.

Sumantri memiliki keinginan agar masyarakat Sikka khususnya generasi muda bisa mencintai laut. Pemda Sikka ingin mengembangkan wisata laut sehingga pihaknya mengajak segenap generasi muda agar ke depan bisa memanfaatkan laut baik untuk komersil maupun untuk rekreasi.

“Lewat program Binpotmar kami lakukan kegiatan kemasyarakatan khususnya masyarakat pesisir seperti melakukan aksi nyata pelestarian terumbu karang, penanaman mangrove dan pembersihan pantai,” tuturnya.

Lanal Maumere juga, tambah Sumantri, melaksanakan agenda rutin sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan penangkapan ikan dengan cara yang tidak ramah lingkungan seperti misalnya dengan cara pembiusan, pengeboman maupun dengan alat tangkap lainnya yang dapat mengakibatkan populasi ikan serta biota laut  dapat habis atau punah.

Sementara itu Kepala cabang BRI Maumere Ainul Wardi menyebutkan, sebagai salah satu pihak yang berkantor di Sikka, mempunyai kewajiban dan berpartisipasi untuk mengenalkan, mengkampanyekan serta mengedukasi masyarakat mencintai laut karena laut adalah kekayaan khas.

Untuk itu tegas Ainul laut harus dijaga kelestariannya, kebersihannya dan keberlangsungannya karena dampaknya sangat besar bagi lingkungan maupun perekonomian. Hidup dalam suatu eksositem dan sebagai bagian dari lingkungan mempunyai kewajiban menjaga lingkungan terdekat.

“Kami berpartisipasi untuk menumbuhkan rasa cinta, rasa kepedulian terhadap laut kita. Mumpung belum terlanjur parah, rusak dan kotor, dari sekarang kita perkenalkan kepada keluarga kita bahwa laut kita sangat bagus. Mumpung belum rusak maka kita harus menjaganya,” pungkasnya.

Danlanal Maumere, Kolonel Marinir Sumantri (kiri). Foto: Ebed de Rosary
Lihat juga...