Pelita Jaya Raih Kemenangan Ketiga IBL

BANDUNG — Pelita Jaya (PJ) Basketball sukses meraih kemenangan ketiga dari tiga laga yang dijalani di Liga Bola Basket Indonesia (IBL) Pertalite 2017-2018 setelah di pertandingan terkini menaklukkan Siliwangi Bandung dengan skor 81-59 di hari terakhir seri II di Bandung, Minggu.

Di dua laga sebelumnya, yang semuanya di seri I, PJ mengalahkan Pacific Caesar Surabaya dan Stapac Jakarta.

Bertanding di GOR C-Tra Arena, Siliwangi Bandung yang sebelum pertandingan ini sudah kalah empat kali dari empat laga sempat tampil mengejutkan di kuarter pertama.

Pemain asing mereka Anthony Hastings bahkan membuat 11 angka di kuarter itu untuk membawa timnya mengimbangi Pelita Jaya (PJ) di akhir kuarter, 19-19.

Namun, Pelita Jaya yang merupakan juara IBL 2017 mendapatkan kembali penampilan terbaiknya di kuarter kedua yang mereka akhiri dengan keunggulan 44-29.

Selanjutnya, tim yang sebelumnya bernama Pelita Jaya EMP Jakarta itu semakin tak terbendung hingga merebut kemenangan di pertandingan itu dengan skor 81-59.

Guard asal Amerika Serikat Wayne Bradford menjadi pendulang poin terbanyak bagi PJ di laga tersebut dengan 25 poin, lima rebound dan enam assist.

Tetapi pemain senegaranya Jarel Giles juga patut mendapatkan pujian karena bermain apik untuk pertahanan PJ dengan membuat total 19 rebound (10 di antaranya defensive rebound), dua “steal” dan lima “blocked shot”. Selain itu, dia juga menorehkan 13 poin serta enam assist.

Di kubu Siliwangi, Anthony Hastings menjadi yang terbaik di pertandingan dengan membuat 23 poin, lima rebound dan satu assist.

Usai pertandingan, pelatih PJ Johannis Winar mengakui di kuarter pertama timnya terlalu memberikan kelonggaran bagi pemain asing Satya Wacana Anthony Hastings.

“Dia jadi leluasa bergerak. Kami lalu merapikan lagi pertahanan kami dan setelah itu dia kesulitan. Hal ini menunjukan kami masih kurang dalam konsistensi,” kata pelatih yang akrab disapa Ahang itu sembari memberikan pujian khusus kepada Giles yang menggalang pertahanan dengan sangat baik.

Sementara kubu Siliwangi Bandung mengakui kekalahan dari PJ. Pelatih Siliwangi Ali Budimansyah menyebut tiknya kurang konsistensi sehingga hanya bisa mengimbangi lawan di kuarter awal.

Selain itu, faktor kurangnya pengalaman timnya, yang didominasi pemain debutan liga juga dianggap menjadi biang kekalahan Siliwangi.

“Saya instruksikan ke anak-anak kalau bermain jangan melihat skor. Yang penting tahu bagaimana bermain dengan benar. Berikutnya kami harus konsisten dalam bertahan karena dengan demikian otomatis serangan juga mengalir. Masih menjadi pekerjaan rumah saya membentuk tim ini,” tutur Ali.

Berikutnya, IBL Pertalite 2017-2018 akan berlanjut ke seri III di Solo, Jawa Tengah, yang bergulir pada 23-25 Desember 2017.[Ant]

Lihat juga...