Pemkab Bangka Tengah Bantu Nelayan Dua Kapal

KOBA – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan fasilitas alat tangkap berupa dua unit kapal kepada nelayan di Dusun Lubuk Laut, Kecamatan Lubuk Besar.

“Bantuan ini kami salurkan dengan harapan hasil tangkapan lebih banyak dan para nelayan lebih giat lagi turun ke laut mencari ikan untuk kesejahteraan,” kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh saat menyerahkan bantuan di Koba, Senin (18/12/2017).

Bantuan kapal tersebut sesuai dengan kebutuhan nelayan saat ini. Keterbatasan alat tangkap berupa kapal dan perahu membuat nelayan Koba tidak mampu menangkap ikan jauh ke tengah laut.  “Dengan adanya bantuan kapal ini kami berharap para nelayan bisa melaut lebih jauh dan mendapatkan ikan yang banyak, tentu kami mengingatkan bantuan kapal ini dijaga dan dirawat dengan baik,” katanya.

Untuk memudahkan proses pendampingan dan pemberian bantuan, Ibnu Saleh berharap para nelayan untuk bergabung dalam kelompok serta didorong membentuk koperasi nelayan. Kesejahteraan nelayan disebutnya menjadi perhatian khusus pemerintah daerah dengan mendorong nelayan bisa meningkatkan hasil tangkapan dan mengembangkan ekonomi kreatif yang bahan bakunya dari ikan.

“Pemerintah daerah akan lebih serius memperhatikan kesejahteraan nelayan namun semua itu juga harus dimulai dari nelayan itu sendiri untuk lebih giat dan kreatif mengembangkan ekonomi kreatif yang bahan bakunya dari ikan,” katanya.

Untuk mendukung kegiatan nelayan Ibnu menyebut, pemerintah Kabupaten Bangka Tengah akan membangun pelabuhan tambatan perahu khusus untuk nelayan di Dusun Lubuk Laut, Kecamatan Lubuk Besar. Keberadaan pelabuhan tambat tersebut diharapkan mempermudah para nelayan untuk merapat dan menurunkan hasil tangkapan.

Selama ini perahu nelayan kesulitan merapat ke bibir pantai karena tidak adanya fasilitas tambatan perahu yang khusus disediakan untuk para nelayan di dusun tersebut. “Tambatan perahu ini penting karena bagian dari fasilitas nelayan untuk memudahkan akses naik dan turun melaut sehingga perahu mereka lebih aman dan tertambat di satu lokasi saja,” katanya.

Selain itu, dengan adanya pelabuhan tambatan perahu tersebut maka perahu berukuran besar akan lebih mudah merapat ke bibir pantai karena sudah ada alur dan jalur masuk kapal. Nelayan di dusun tersebut juga membutuhkan alat tangkap yang memadai untuk mendukung kegiatannya.

Oleh karenanya kedepan, pemerintah daerah akan menyalurkan bantuan alat tangkap guna meningkatkan produksi ikan mereka. “Nanti pemerintah daerah juga berupaya memberikan bantuan alat tangkap ikan yang memang dibutuhkan para nelayan di daerah ini,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...