Pemkab Gorontalo Upayakan Peningkatan Pelayanan Kesehatan

GORONTALO – Pemkab Gorontalo, Provinsi Gorontalo berupaya terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat desa. Salah satu yang dilakukan adalah dengan melakukan renovasi terhadap fasilitas pelayanan umum seperti Puskemas Pembantu (Pustu).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Roni Sampir mengatakan, Puskesmas Pembantu menjadi sentra pelayanan masyarakat. “Pustu adalah sentra pelayanan masyarakat,” tandasnya saat meresmikan Pustu Desa Pantadio Timur, Telaga Biru yang baru saja selesai direnovasi, Sabtu (23/12/2017).

Sebelumnya, Pustu Desa Pantadio disebutnya tidak layak menjadi tempat pelayanan. Hal tersebut mendorong pemerintah daerah di bawah pimpinan Bupati Nelson Pomalingo melakukan renovasi. Sementara melihat kondisi area yang dilayani, dibutuhkan sarana yang memadai.

“Saat ini kami sedang membahas kerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMG) untuk menjadikan puskesmas pembantu ini klinik untuk memaksimalkan pelayanannya,” kata Roni.

Puskesmas pembantu dan klinik disebut Roni memkiliki perbedaan yang cukup signifikan. Pustu masih terbatas dari segi pelayanan, sedangkan klinik memiliki dokter sebagai salah satu syarat selain sarana dan prasarana. “Dengan adanya kerja sama Pustu menjadi klinik dapat mencakup semua warga di wilayah Pentadio Timur,” tambahnya

Selain renovasi Pustu, Roni juga mengatakan bahwa pada 2017 juga dilakukan pengembangan puskemas menjadi puskesmas induk, seperti di daerah Tibawa dan Tolangohula. “Pada tahun 2019, kami juga berencana membangun satu puskesmas di daerah Dulamayo sebagai pengembangan dari Puskesmas Telaga Biru,” tambahnya.

Pembangunan Puskesmas Dulamayo dirasa sangat penting karena untuk Puskesmas Telaga Biru Kapitasinya terlalu besar daripada sumber daya yang ada. “Oleh karena itu, kami putuskan untuk membuat satu puskesmas di Dulamayo agar akses masyarakat dari Dulamayo tidak jauh lagi jika ingin berobat ke puskesmas,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...