Pemkab Kotabaru Jadikan Kampung KB Hingga Pulau Terluar

KOTABARU — Komitmen Pemkab Kotabaru, Kalimantan Selatan menjadikan daerahnya sebagai daerah yang berhasil dalam melaksanakan program Kampung Keluarga Berencana (KB), mulai dari desa hingga pulau terluar, yakni Kecamatan Pulau Sembilan.

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar,  Rabu (13/12) mengatakan, Kampung KB merupakan program dan instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui peran pemerintah, swasta dan juga masyarakat guna membangun masyarakat yang sejahtera.

“Pemkab Kotabaru langsung menindaklanjuti instruksi tersebut dengan mencanangkan Kampung KB di berbagai desa di wilayah Kabupaten Kotabaru, termasuk Kampung KB di Desa Bakau yang ada di perbatasan dengan wilayah Kaltim hingga Desa Tengah, Kecamatan Pulau Sembilan, yang ada di perbatasan dengan Jawa Timur.

Penetapan dan pencanangan Kampung KB tentunya telah memenuhi kriteria yang di antaranya adalah tersedianya data kependudukan yang akurat, partisipasi aktif masyarakat baik tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat mandiri.

Serta kawasan dengan angka keluarga sejahtera rendah, daerah aliran sungai dan angka metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) rendah.

Semoga dengan terlaksananya program Kampung KB di Kotabaru ini dapat menjadi salah satu inovasi strategis dalam upaya mengendalikan laju pertumbuhan penduduk.

Serta peningkatan kualitas sumber daya manusia dan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat khususnya yang berada di Desa Bakau dan Desa Tengah.

“Sehingga harapan kita untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera sesuai dengan tujuan pelaksanaan program Kampung KB ini dapat tercapai,” harap bupati.

Dijelaskannya, Penanganan kependudukan dan keluarga berencana merupakan tugas bersama, bukan hanya pemerintah semata, melainkan tugas seluruh masyarakat.

Dia berharap masyarakat mampu berperan aktif dalam upaya menekan bertambahnya jumlah penduduk dan turut mensosialisasikan program keluarga berencana di lingkungan sekitar.

Demi mengatasi persoalan kependudukan tersebut, maka dengan terlaksananya pencanangan Kampung KB, diharapkan akan semakin menambah keseriusan semua selaku aparatur pemerintah dalam menyelenggarakan program kependudukan kepada masyarakat.

Pencanangan Kampung KB di Kotabaru merupakan rangkaian dari pelaksanaan pencanangan Kampung KB di Kabupaten Kotabaru dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas, guna percepatan peningkatan kesejahteraan keluarga.

Setelah dicanangkan sebagai Kampung KB, maka akan ada program-program pemberdayaan masyarakat dan peningkatan wawasan serta pengetahuan mengenai program-program keluarga berencana. Sehingga pada akhirnya akan mewujudkan masyarakat yang maju, mandiri, sejahtera dan berkeadilan.

Tidak lupa dia menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada SKPD terkait.

Dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Perempuan, perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kotabaru, TNI/polri, tim penggerak PKK Kotabaru, camat, kepala desa.

Serta tokoh masyarakat dan seluruh pihak yang turut berperan dalam rangkaian pencanangan Kampung KB di seluruh wilayah di Kabupaten Kotabaru sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan sukses.

“Tentu menjadi harapan kita semua dengan terlaksananya kampung-kampung KB di seluruh wilayah Kabupaten Kotabaru akan mewujudkan keluarga bahagia dan sejahtera. Pad gilirannya akan mampu mendorong percepatan pembangunan daerah kabupaten kotabaru yang kita cintai bersama ini,” terangnya (Ant).

Lihat juga...