Penyuluh Pertanian Diminta Kembangan Posluhdes

59
Ilustrasi Kementrian Pertanian - Foto: Kementan go id

DEPOK – Para penyuluh pertanian diminta untuk mengembangkan Pos Penyuluhan Desa (Posluhdes) di setiap daerah. Hal itu dibutuhkan agar penyuluhan bisa langsung dirasakan manfaatnya bagi petani. 

Dari catatan Badan Penyuluh dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian, keberadaan penyuluh di wilayah masih belum tertata. “Saat ini wilayah kerja para penyuluh ada yang satu, dua dan tiga desa. Untuk itu penyuluh ditugaskan untuk menumbuhkembangkan Posluhdes di setiap desa,” kata Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Kementerian Pertanian, Momon Rusmono disela-sela acara Rapat Pimpinan Lingkup Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Kementerian Pertanian, Senin (4/12/2017).  

Posluhdes disebut Momon, sebagai kelembagaan non struktural yang dimiliki oleh petani tapi diinisiasi oleh penyuluh. Jadi penyuluh melakukan pembinaan maka dengan adanya posluhdes otomatis didalamnya ada penyuluh swadaya. “Saya minta penyuluh swadaya membina kelompok tani sehingga para penyuluh yang terbatas dengan tumbuhnya posluhdes dibarengi tumbuhnya penyuluh swadaya yang akan membackup program-program pembangunan pertanian,” tandasnya.  

Berdasarkan Surat Edaran Mendagri No. 520/9340/OTDA tertanggal 7 November 2017, salah satu poin yang disebutkan menegaskan, setiap kabupaten untuk menumbuhkembangkan posluhdes. “Di Jawa Barat penumbuhkembangan Posluhdes didukung oleh teknologi informasi,” jelasnya.  

Fungsi penyuluh pertanian di kabupaten dan kota masuk dalam fungsi dinas yang menyelenggarakan urusan bidang pertanian dan ditangani oleh bidang atau seksi penyuluh pertanian. Untuk itu Momon menyebut, operasionalisasi penyuluhan pertanian dibentuk unit pelaksana teknis dinas dengan nomenklatur Badan Pelaksanaan Penyuluhan Pertanian Kabupaten atau Kota.  “Penyuluh pertanian hendaknya menyusun program tingkat kecamatan sesuai dengan program kabupaten atau kota,” pungkasnya. (Ant) 

Komentar