Pepes Ikan Bilis Pedas Lauk Penggugah Selera

LAMPUNG — Ikan bilis dan lapan lapan salah satu hasil tangkapan nelayan di perairan pesisir Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan selain digunakan sebagai bahan baku pembuatan ikan asin juga dapat dikreasikan untuk beberapa kuliner, di pepes ikan bilis pedas.

Anton (45) salah satu warga Desa Pasuruan Kecamatan Penengahan menyebutkan, pepes ikan bilis pedas dapat dibuat dengan cara sederhana bahkan menggunakan bahan bakar dari kayu bakar dan tungku terbuat dari tanah liat. Bahan-bahannya pun hampir sama dengan pembuatan pepes laiinya.

“Ikan bilis juga nikmat untuk pepes lengkap dengan bumbu yang bisa diperoleh dari pekarangan sehingga prosesnya bisa dibuat dadakan dan menyegarkan bagi yang menyantapnya,” terang Anton saat ditemui Cendana News tengah membuat pepes ikan bilis pedas, Sabtu (9/12/2017).

Proses mematangkan pepe dilakukan dengan cara menggarang di atas wajan tanah yang ditempatkan di atas tungku tanah liat berbahan bakar kayu.

Proses penggarangan cukup efektif dibandingkan membakar pepes dengan bungkus daun pisang karena proses pembakaran kerap membakar daun pembungkus. Cara pembuatan pepes bahkan diakuinya bisa dilakukan juga dengan proses pengukusan menggunakan dandang, namun sensasi rasa harum dari daun pisang yang terbakar oleh api saat menyentuh wajan tanah panas lebih menggugah selera.

Bahan bahan pepes terlebih dahulu disiapkannya, berupa ikan bilis sekitar 20 ekor yang disusun rapi di atas alas daun pisang kepok muda. Bahan bahan yang digunakan sebagai penyedap di antaranya cabai caplak merah, cabai rawit kecil kecil, bawang merah, bawang putih, garam, gula, kunyit, jahe, ketumbar, kemiri, daun kemangi dan tomat ditambah penyedap rasa.

“Setelah bumbu yang sebagian digerus dan sebagian dibiarkan utuh disiapkan. Selanjutnya ditaburkan dengan ikan lalu disusun rapi dalam daun pisang tanpa lupa dilengkapi daun kemangi dan tomat dan dilipat persegi. Pada ujungnya direkatkan menggunakan lidi,” terang Anton.

Anton memanggang ikan bilis yang dipepes menggunakan daun pisang kepok di atas tungku tanah dan wajan tanah [Foto: Henk Widi]
Beberapa bahan bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera bahkan dapat ditambahkan daun singkong muda dan daun kunyit dapat menggantikan daun pisang untuk proses pembuatan pepes ikan bilis. Rasa pedas yang akan terasa diperoleh dari jumlah cabai rawit yang diperbanyak dalam setiap bungkus.

Setelah digarang di atas wajan tanah selama kurang lebih setengah jam hingga matang ditandai dengan aroma harum yang mulai tercium pepes ikan bilis pedas siap disajikan. Pepes dapat dimakan di kala dingin maupun masih hangat.

Aroma harum dari daun yang dibuka sebagai pembungkus ikan bilis sekaligus sensasi gosong daun pisang akan berpadu dengan rasa ikan bilis yang memiliki rasa seperti ikan teri dan khas ikan laut yang dipepes. Sebagai lauk lengkap dengan bumbu kuliner pepes ikan bilis pedas diakuinya cukup disantap dengan nasi hangat.

Lihat juga...