Peraih Medali SEA Games Asal DIY Terima Bonus

YOGYAKARTA — Atlet DIY peraih medali pada SEA Games XXIX 2017 di Malaysia sedang berbahagia. Pasalnya, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY baru saja menyalurkan dana tali asih dengan total mencapai Rp363,75 juta untuk 15 atlet dan 8 pelatih.

Dari 15 atlet yang menerima dana tali asih, dua di antaranya menyumbangkan medali emas bagi Kontingen Indonesia, yaitu Prima Wisnu Wardhana untuk cabang olahraga panahan perorangan dan M. Rian Ardianto, bulutangkis beregu putra. Sedangkan untuk medali perak ada 5 atlet, dan 9 atlet peraih medali perunggu.

Menurut Ketum KONI DIY, Hadianto Ismangoen, penghargaan berupa tali asih merupakan perhatian dari KONI DIY kepada atlet yang berprestasi. Ia berharap penghargaan tersebut menjadi penyemangat bagi atlet untuk berprestasi lebih baik lagi. “Jangan kapok menerima bonus, terus ukir prestasi dan berupaya lebih baik lagi,” pesannya, Minggu (10/12/2017).

Pria yang akrab disapa dr Antok berharap atlet peraih medali di SEA Games untuk tidak bosan berlatih untuk mengasah kemampuan diri. Hal ini dinilai sangat penting agar atlet bisa meraih prestasi lebih tinggi lagi. “Jangan mentang-mentang sudah meraih prestasi kemudian malas berlatih,” paparnya.

Mantan Ketua Umum Asprov PSSI DIY ini menambahkan, prestasi atlet tidak terlepas dari perhatian pelatih. Komunikasi dan saling memahami antara atlet dan pelatih menjadi kunci keberhasilan.

Sekretaris Umum KONI DIY, Agung Nugroho mengatakan, uang tali asih yang diberikan kepada atlet peraih emas sebesar Rp50 juta, perak Rp35 juta, dan perunggu Rp20 juta. Untuk kategori perorangan, tali asih diberikan sebesar 100 persen, beregu 2 orang sebesar 75 persen untuk setiap atlet, beregu 3-5 orang sebesar 50 persen, dan beregu 6 orang sebesar 40 persen.

“KONI DIY memutuskan memberikan penghargaan kepada atlet berprestasi dalam SEA Games 2017 di Malaysia dalam bentuk uang pembinaan,” katanya.

Kepala Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) DIY, Edy Wahyudi yang juga hadir mengatakan, penghargaan berupa tali asih yang diberikan iharapkan dapat meningkatkan jiwa korsa atlet dan berkomitmen membela DIY.

“Jangan dilihat besar kecilnya. Ini merupakan perhatian bagi perjuangan atlet mengharumkan nama bangsa dan daerah. Yang menggembirakan baru DIY yang sudah menyerahkan bonus tali asih ini,” katanya.

Lihat juga...