Perairan Surut, KMP Mutiara Persada I Kandas di Pulau Kelapa Bakauheni

LAMPUNG — Kondisi perairan Pelabuhan Bakauheni yang surut mengakibatkan kapal roll on roll off (Roro) KMP Mutiara Persada I milik perusahaan pelayaran PT. Atosim Lampung Pelayaran kandas di Pulau Kelapa yang tak jauh dari dermaga tiga. Kapal yang berangkat dari dermaga tiga Pelabuhan Merak tersebut kandas setengah jam sebelum sandar.

Komandan Posko Badan SAR Nasional kantor SAR Lampung yang siaga di Pelabuhan Bakauheni, Akrim Amrullah menyebutkan, insiden kapal kandas tersebut terjadi sebelum kapal sandar dan berada di alur masuk meski sempat melakukan olah gerak dan sempat terhalang KMP Sebuku yang akan sandar di dermaga dua Pelabuhan Bakauheni Lampung.

“Kita langsung melakukan langkah persiapan. Untuk langkah penyelamatan menunggu koordinasi dengan pihak ASDP untuk menunggu kapal tug boat yang disiagakan di dermaga empat Pelabuhan Bakauheni,” beber Akrim Amrullah saat ditemui Cendana News di dermaga tiga pelabuhan Bakauheni Lampung, Sabtu (31/12/2017)

Sebagai langkah antisipasi pihak Basarnas Lampung segera melakukan pengerahan perahu Rib dan perahu karet untuk melakukan langkah mendekati KMP Mutiara Persada I yang kandas di pulau kelapa tersebut.

Berdasarkan pantauan Cendana News KMP Mutiara Persada I yang kandas pada bagian lambung kiri berada di sisi karang dengan proses olah gerak tengah dilakukan meski pada bagian buritan sudah berada di bagian karang.

KMP Sebuku yang juga akan melakukan olah gerak sandar ke dermaga dua Pelabuhan Bakauheni juga terlihat mengalami kesulitan. Meski sempat mengalami kandas KMP Mutiara Persada I yang dijadwalkan akan sandar di dermaga tiga pelabuhan Bakauheni pada pukul 12.00 WIB tersebut masih terdampar di pulau Kelapa Bakauheni.

Akrim Amrullah komandan posko Kantor SAR Lampung di Bakauheni [Foto: Henk Widi]
Hingga berita ini diunggah pihak Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas V Bakauheni masih terus berkoordinasi dengan pihak PT. ASDP Indonesia Ferry Bakauheni, Balai Pengelolaan Transportasi Darat wilayah VI Bengkulu Lampung untuk melakukan langkah penyelamatan.

Pihak terkait bahkan belum bisa dikonfirmasi terkait insiden KMP Mutiara I yang kandas di Pulau Kelapa tersebut. Beberapa anggota Basarnas dan Kapal Tug Boat TB. Merak tengah melakukan langkah penanganan untuk penarikan kapal tersebut.

KMP Mutiara I tersebut berdasarkan spesifikasi memiliki IMO 7375856, MMSI 525018314, Call Sign : JZVQ, Gross tonnage : 9081 Berat Mati 3908 ton, Panjang 132,4 meter lebar 20 meter, tahun pembuatan 1975.

Hingga saat ini aktivitas dermaga tiga Pelabuhan Bakauheni sementara dihentikan dan pelayanan dialihkan ke dermaga lain sementara jadwal setelah KMP Mutiara Persada I sandar dijadwalkan akan sandar KMP Salvatore milik PT.Tri Sumaja Lines.

Lihat juga...