Perayaan Natal di Jambi Kondusif dan Khidmat

JAMBI — Ibadah perayaan malam Natal di Jambi, Minggu (24/12) berlangsung kondusif dan penuh khidmat meski dalam pengawal ketat pihak kepolisian setempat.

Umat Kristen terlihat memadati setiap gereja di Kota Jambi untuk mengikuti seluruh rangkaian ibadah perayaan malam Natal dengan khusyuk.

Seperti di Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Jambi, Gereja Methodist Indonesia (GMI) Moria Kotabaru dan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Kotabaru.

Bahkan jemaat di berbagai gereja terpaksa mengikuti ibadah perayaan malam Natal di tenda akibat gereja penuh karena jemaat antusias mengikuti ibadah tersebut.

Penginjil Wanita (PW) GKPS Resort Jambi, Denny R Br Damanik STh pada kottbah malam Natal mengatakan, kelahiran Tuhan Yesus harus senantiasa mendatangkan suka cita bagi umat Kristen.

Rasa suka cita tersebut harus ditumbuhkan dalam diri setiap umat Kristen, karena kelahiran Tuhan Yesus Kristus membawa berkat. Berkat tersebut di antaranya, kedamaian, kepedulian, penebusan dosa dan terutama janji keselamatan manusia dari jerat atau kuasa iblis.

“Keluarga yang mendapatkan berkat seorang anak pun senantiasa bersuka cita di tengah keluarga mereka. Tentunya umat Kristen juga bersuka cita menyambut kelahiran Sang Juru Selamat, Yesus Kristus ke dunia. Kelahiran Yesus kita sambut dengan suka cita karena Yesus membawa damai dan keselamatan bagi kita,” katanya.

PW Denny juga mengatakan, Natal memiliki makna yang sangat dalam dan mulia bagi seluruh umat Kristen karena Natal membawa pesan damai. Karena itu melalui perayaan Natal diharapkan mampu menjadi pembawa damai dalam kehidupan.

Selain itu, katanya, Natal juga merupakan momentum Pekabaran Injil (PI) bagi seluruh umat Kristen. Melalui perayaan Natal, umat Kristen diharapkan menyampaikan kabar baik tentang makna kelahiran Tuhan Yesus Kristus bagi kehidupan manusia.

Sementara itu Gubernur Jambi Zumi Zola, Kasrem 042/Gapu dan Kapolda Jambi Brigjen Pol Priyo Widyanto meninjau sejumlah gereja saat Ibadah malam Natal.

Kendati berlangsung aman dan tertib, ibadah perayaan malam Natal di berbagai gereja di Kota Jambi tetap mendapat pengamanan ketat dari pihak kepolisian.

Para petugas polisi tetap siaga di sekitar dan halaman gereja selama ibadah berlangsung. Sementara sebelum ibadah berlangsung, Satuan Gegana Brimob Polda Jambi terlebih dahulu menyisir seluruh gereja menggunakan metal detektor.

Umat Kristiani di Jambipun mengapresiasi dukungan masyarakat dan komitmen pemerintah dan jajaran keamanan dalam mengamankan perayaan malam Natal sehingga perayaan berlangsung aman, tertib dan khidmat.

Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan setiap pos pengamanan ada 30 orang yang terbagi atas tiga shif terdiri dari Polri, TNI, Satpol-PP dan Dinas Perhubungan Provinsi Jambi.

“Kita lihat bagaimana kondisinya dan tentu kita dapat dukungan dari masyarakat. Kita juga mengapresiasi dari kepolisian dan TNI beserta jajaran untuk menjaga ini semua. Sehingga untuk umat Nasrani bisa beribadah dengan khusyuk, semuanya aman dan tentram,” kata Zola.

Zola menegaskan kepada semua masyarakat Jambi dan umat Nasrani bahwa tidak ada hal-hal yang perlu dikhawatirkan (Ant).

Lihat juga...