Persidangan Baru Dimulai, Setya Novanto Mendadak Mengaku Sakit

JAKARTA — Jalannya persidangan dengan materi pembacaan dakwaan terhadap Setya Novanto terhenti sejenak karena yang bersangkutan mengaku sakit diare.

Setya Novanto sama sekali tidak merespon atau tidak bereaksi saat Ketua Majelis Hakim yang memimpin jalannya persidangan mencoba menanyakan nama lengkap dan tempat tanggal lahirnya.

Berdasarkan pantuan Cendana News langsung Ruang Sidang Mr. Koesoemah Atmadja 1, Gedung Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Setya Novanto sejak duduk di kursi terdakwa hanya terdiam dan menundukkan kepala seperti orang yang sedang tertidur nyenyak.

Setya Novanto hanya sesekali menjawab secara singkat berbagai pertanyaan yang diajukan oleh Ketua Majelis Hakim.

Persidangan sebenarnya sudah dimulai pada pukul 10:15 WIB, namun hingga pukul 11:00 WIB persidangan kembali ditunda untuk sementara sambil menunggu selesainya pemeriksaan ulang terkait kesehatan Setya Novanto.

Pemeriksaan dilakukan oleh tim dokter gabungan, masing-masing dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) maupun dokter dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Setya Novanto sempat berbicara singkat kepada pengacara sekaligus kuasa hukum yang bersangkutan bahwa dirinya sejak tadi malam mang sakit diare.

Menurut pengakuan Setya Novanto melalui pengacaranya mengatakan bahwa dirinya pada Selasa malam hingga Rabu dini hari bolak-balik ke toilet sebanyak 20 kali.

“Ketua Mejelis Hakim yang memimpin jalannya persidangan sudah berulangkali bertanya secara langsung kepada terdakwa Setya Novanto. Namun rupanya terdakwa bisa tidak menjawab pertanyaan seputar nama lengkap dan tempat tanggal lahir terdakwa, maka sidang sementara ditunda untuk memberikan kesempatan kepada tim dokter melakukan pemeriksaan atau mengecek kondisi kesehatan terdakwa” jelas Yanto, Ketua Majelis Hakim di Gedung Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Irene Putri, Anggota Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari pihak KPK menjelaskan bahwa sebenarnya terdakwa Setya Novanto dinyatakan sehat pagi tadi, karena yang bersangkutan sempat diperiksa kesehatannya oleh tim dokter dari KPK.

Irene Putri berusaha meyakinkan bahwa terdakwa benar-benar sehat. Bahkan dirinya sempat menuduh terdakwa Setya Novanto pura-pura sakit atau berbohong kepada Ketua Majelis Hakim.

Setya Novanto (rompi oranye) tampak terlihat sakit saat tiba di pengadilan/Foto: Eko Sulestyono.
Lihat juga...