Pertamina Sumbagut Raih Penghargaan Proper Hijau

MEDAN – PT Pertamina Marketing Operation Regional I Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) meraih penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

General Manager Communication and CSR Pertamina Sumbagut Erry Widiastono mengatakan, penghargaan Proper Kategori Hijau itu wujud apresiasi terhadap upaya pengelolaan lingkungan yang positif Pertamina Sumbagut terhadap lingkungan. “Kegiatan yang dilakukan dinilai berwawasan lingkungan,” ungkapnya, Minggu (24/12/2017).

Penghargaan Proper tersebut didapatkan atas operasional pendistribusian BBM yang selalu mengedepankan kelestarian lingkungan. Penghargaan diberikan untuk pendistribusian BBM di 10 depot milik Pertamina yang berada di Sumbagut.

Kesepuluh depot Pertamina tersebut meliputi Terminal BBM Medan Group di Medan, Depot Elpiji Tandem di Binjai, Terminal BBM di Pematang Siantar, Terminak BBM di Kisaran, Terminal BBM Teluk Kabung di Sumbar, DPPU Minangkabau di Sumbar, Terminam BBM Krueng Raya di Aceh, Terminak BBM Dumai, Terminal BBM Sei Siak di Riau, serta DPPU Hang Nadim di Kepri.

Penghargaan diberikan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya kepada 10 pimpinan depot Pertamina Sumbagut pada 18 Desember 2017 dan disaksikan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Penghargaan Proper merupakan salah satu upaya Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup mendorong ketaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup. Peraih penghargaan dinilai sebagai perusahaan yang telah menaati aturan tentang pengelolaan lingkungan.

Melalui aturan yang berlaku, pemerintah melakukan upaya insentif dan disinsentif reputasi, serta mendorong perusahaan yang sudah baik kinerja lingkungannya untuk menerapkan produksi bersih (cleaner production).

Erry Widiastono menyebut, seluruh pekerja Pertamina Sumbagut telah bekerja keras dan mendukung upaya pengelolaan lingkungan sehingga mampu meraih Penghargaan Proper. “Terima kasih dan apresiasi kita berikan kepada seluruh jajaran yang ikut mendukung upaya pengelolaan lingkungan ini,” tandasnya.

Pertamina Sumbagut disebut Erry, penghargaan bagi pengelolaan operasional yang berwawasan lingkungan tersebut dapat menjadi dorongan menuju pencapaian positif pengelolaan lingkungan hidup lainnya pada 2018. Selain Proper, Pertamina (Persero) dan anak usahanya juga meraih 11 dari total 19 emas yang disiapkan Kemenangan Kehutanan dan Lingkungan Hidup. (Ant)

Lihat juga...