Pesisir Selatan Dorong Peningkatan Kualitas Jeruk

PAINAN — Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat fokus mendorong peningkatan kualitas jeruk di daerah itu pada tahun 2018.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan setempat, Jumsu Trisno di Painan, Minggu, mengatakan kualitas jeruk di daerah itu masih rendah sehingga perlu didorong untuk peningkatan kualitas.

Peningkatan kualitas, dilakukan dengan berbagai upaya di antaranya adalah dengan memberikan pelatihan-pelatihan dan pembinaan lapangan kepada para petani jeruk.

Hal itu disebabkan belum semua petani memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam melakukan budidaya yang baik untuk menghasilkan produksi yang bagus.

Pelatihan yang diberikan terutama tentang cara mengaplikasikan teknologi dalam penanaman jeruk, salah satunya pemanfaatan pestisida-pestisida organik.

Kemudian, pemberian bibit unggul dan hal lainnya yang dapat menunjang meningkatnya kualitas jeruk di Pesisir Selatan.

“Sehingga dengan itu diharapkan dapat meningkatkan produksi dan menghasilkan jeruk yang memiliki kualitas bagus,” ujar dia.

Berdasarkan data 2016 produksi jeruk di daerah itu sebanyak 2.177 ton dengan jumlah panen 21.762 dari jumlah tanaman 20.176 pohon, sedangkan pada 2016 produksi mencapai 51.865 ton dengan jumlah panen 13.634 pohon.

Daerah yang menjadi lokasi penghasil jeruk adalah Kecamatan Silaut, Pancung Soal, Air Pura, Lengayang, Sutera, Batang Kapas, IV Jurai, Bayang, IV Nagari Bayang Utara, dan Koto XI Tarusan.[Ant]

Lihat juga...