PLN Babel Siap Lancarkan Perayaan Natal

PANGKALPINANG – PT PLN Persero Wilayah Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyiapkan 500 petugas siaga menjelang Natal dan Tahun Baru 2018 di beberapa titik guna kelancaran perayaan keagamaan dan hari besar tersebut.

General Manager PT PLN Wilayah Bangka Belitung, Susiana Mutia, mengatakan, sebanyak 500 petugas tersebut disiagakan baik pada sistem pembangkitan, sistem transmisi, gardu induk dan distribusi.

“Petugas siaga melakukan standby operasi, penormalan gangguan baik pada jaringan tegangan tinggi, tegangan menengah, maupun tegangan rendah, serta melakukan manuver jaringan bila terjadi gangguan mendadak,” katanya, Rabu (13/12/2017).

Sebanyak 44 titik tempat ibadah di Bangka Belitung mendapat prioritas suplai pasokan listrik dengan di-backup standby genset dan personel. Titik-titik tersebut tersebar antara lain empat Gereja di Kabupaten Belitung, tujuh di Belitung Timur, enam di Pangkalpinang, lima di Sungailiat, empat di Muntok, 10 di Koba dan delapan di Toboali.

Sementara untuk meminimalisir padam, pada sisi pembangkit telah dilaksanakan pemeliharaan, agar mesin beroperasi lebih optimal. Dari sisi ketersediaan bahan bakar, pasokan BBM rata-rata cukup untuk 21 hari, sedangkan batubara cukup untuk 18 hari.

Pada sisi transmisi, gardu induk dan distribusi PLN telah melakukan perambasan pohon dan pemeliharaan jaringan guna meminimalisir adanya gangguan.

“Untuk meningkatkan kesiagaan operasi, kami juga menambah sarana pendukung lainnya yakni 33 unit kendaraan pelayanan teknik, tiga unit trafo mobil, 10 mobil genset dan beragam genset berkekuatan sampai dengan 675 kW,” katanya.

Manajer PLN Area Bangka, Eko Prihandana, menyampaikan kesiapannya menghadapi perayaan natal dan tahun baru di Bangka Belitung.

“Kami siap siaga menjaga keandalan pasokan listrik selama perayaan natal dan tahun baru agar masyarakat dapat beribadah dengan lancar,” katanya.

Guna mengetahui kesiapan personel, hari ini pihaknya melaksanakan kegiatan Gelar Pasukan Siaga Natal dan Tahun Baru di Stadion Depati Amir. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memastikan kesiapan petugas dan peralatan yang akan digunakan selama masa siaga.

Dalam hal ini, PLN menyiagakan petugas selama 22 hari mulai dari 18 Desember 2017 sampai dengan 8 Januari 2018. “Untuk area Bangka kami menyiapkan 17 posko yang tersebar di seluruh kabupaten, dengan dibantu tim PDKB yang siap melakukan pekerjaan tanpa padam,” ujar dia.

Lihat juga...