PODSI Ajukan 118 Atlet untuk Pelatnas AG 2018

JAKARTA – Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) mengajukan 118 atlet dalam program Pemusatan Pelatihan Nasional (Pelatnas) Asian Games (AG) 2018. Ratusan atlet tersebut untuk dua cabang yaitu perahu dayung (rowing) dan perahu kano (canoeing).

Wakil Ketua Umum PB PODSI Budiman Setiawan menhyebut, untuk dayung PODSI mengajukan 40 atlet. “40 atlet untuk turun pada seluruh nomor perlombaan dalam Asian Games,” ungkap Budiman, Senin (18/12/2017).

Sementara untuk cabang perahu kano, PODSI mengusulkan 44 atlet putra dan putri. Sedangkan pada disiplin perahu naga diusulkan 34 atlet pada disiplin kano dan kayak.

Dari sisi program kegiatan, direncanakan pada Mei 2018 PODSI akan mengirimkan atletnya untuk mengikuti pemusatan latihan di Belanda. Pelatnas di Negeri Kincir Angin tersebut akan dilakukan untuk cabang dayung. “Kami akan mengirimkan 21 atlet mengikuti pemusatan pelatihan di Belanda pada Mei 2018. Mereka adalah atlet-atet yang berpeluang medali pada cabang dayung Asian Games,” kata Budiman.

Selain mengikuti pelatihan, 21 atlet itu juga akan turun dalam sejumlah kejuaraan uji coba di Belanda dan negara Eropa lain demi meningkatkan kemampuan jelang Asian Games ke-18. Namun sebelum memulai program pelatnas di Belanda, 21 atlet itu akan mengikuti kejuaraan uji coba dayung di Australia pada Maret 2018.

Sembilan belas atlet lain cabang dayung PODSI, lanjut Budiman, akan menggikuti dua kejuaraan tingkat Asia pada 2018 yaitu Asia Cup I dan Asia Cup II. “Kejuaraan Asia Cup itu dapat menjadi ajang pemantauan lawan-lawan pada Asian Games nanti. Tapi, kami juga belum tahu apakah lawan akan menurunkan tim inti atau tidak,” tambah Budiman.

Lihat juga...