Polda Lampung Siaga Amankan Libur Natal dan Tahun Baru

LAMPUNG – Kepala Kepolisian Daerah Lampung Inspektur Jenderal Polisi Suroso Hadi Siswoyo, Kepala Kepolisian Resor Lampung Selatan Ajun Komisaris Besar Polisi M. Syarhan dan pejabat menengah Polda Lampung, melakukan pemeriksaan kesiapan pelabuhan Bakauheni dalam melayani arus liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Kapolda Lampung yang tiba di pelabuhan Bakauheni dengan menggunakan helikopter Polda Lampung tersebut mendarat di dermaga III Pelabuhan Bakauheni dan langsung memeriksa kesiapan dermaga III yang dipergunakan melayani arus libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Kapolda Lampung Irjen Pol Suroso Hadi Siswoyo yang didampingi General Manager PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry cabang Bakauheni, Anton Murdianto, Manajer operasional Sugeng Purwono bahkan langsung meninjau kesiapan beberapa personil yang ditempatkan di Pelabuhan Bakauheni di antaranya Satuan Polisi Perairan, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan yang juga dilibatkan dalam pelaksanaan operasi lilin Krakatau 2017.

Loket pembelian tiket pejalan kaki di Pelabuhan Bakauheni dalam arus libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. [Foto: Henk Widi]
Kapolda juga meninjau pos terpadu Polda Lampung dalam pelaksanaan operasi lilin Krakatau 2017 yang berada di dekat loket pembelian tiket penumpang pejalan kaki serta pos kesehatan.

Irjen Pol Suroso Hadi Siswoyo menyebut, dalam angkutan libur Natal dan Tahun Baru kepolisian memastikan akan melakukan pengamanan di pelabuhan Bakauheni yang merupakan objek vital penghubung Pulau Sumatera dan Pulau Jawa dengan mempergunakan moda transportasi laut menggunakan kapal roll on roll off (Roro).

Sebagai langkah pengamanan di titik penting pelabuhan Bakauheni Irjen Pol Suroso Hadi Siswoyo memastikan masyarakat yang berlibur akan mendapat jaminan dari kepolisian.

“Kita harapkan tidak ada penumpang yang menginap di pelabuhan Bakauheni dengan alasan keamanan dan juga ketersediaan armada kendaraan, karena jaminan keamanan juga sudah diberikan dengan adanya pengawalan dari petugas kepolisian,” terang Kapolda Lampung Inspektur Jenderal Polisi Suroso Hadi Siswoyo, saat meninjau pengamanan Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Jumat (22/12/2017).

Kapolda Lampung dan pejabat utama Polda Lampung melakukan peninjauan sejumlah fasilitas di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni [Foto: Henk Widi]
Petugas kepolisian yang disiagakan oleh Polda Lampung, disebutnya merupakan personil gabungan dari Polres Lampung Selatan, Brimobda Polda Lampung dan Sabhara Polda Lampung yang bersiaga di pelabuhan Bakauheni dan ditempatkan di titik penting di antaranya lobi tiket penumpang, gangway menuju ke kapal serta di terminal antarmoda Pelabuhan Bakauheni.

Pengamanan tersebut diakuinya juga dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang akan berlibur di wilayah Pulau Sumatera dan Pulau Jawa serta sebaliknya dengan menggunakan moda transportasi kapal laut.

General Manager PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry cabang Bakauheni, Anton Murdianto, yang ikut mendampingi Kapolda Lampung juga memastikan, semua fasilitas untuk angkutan libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 di pelabuhan Bakauheni sudah disiapkan berkoordinasi dengan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah VI. Bengkulu-Lampung, dan Dinas Perhubungan dalam penyediaan armada kendaraan bagi penumpang.

PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni, ungkap Anton Murdianto, pada hari biasa juga menyiagakan sebanyak 56 kapal dengan operasional kapal per hari rata-rata sebanyak 27 hingga 28 kapal per hari dengan trip sekitar 89 hingga 92 kapal roll on roll off per hari. Sementara saat angkutan libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2017 dioperasikan sebanyak 35 kapal roro dengan trip per hari rata-rata 100 hingga 105 trip.

“Hingga tiga hari menjelang Natal arus penyeberangan masih normal meski ada peningkatan sekitar lima hingga sepuluh persen. Prediksi kenaikan arus liburan Natal pada Sabtu pekan ini karena beberapa pekerja melakukan liburan bersamaan,” terang Anton Murdianto.

PT. ASDP Indonesia Ferry dalam pelayanan arus libur Natal 2017 menyediakan beberapa dermaga di antaranya dermaga 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan dermaga 7. Selain fasilitas dermaga sejumlah fasilitas parkir disebutnya mampu menampung ribuan kendaraan campuran di antaranya kendaraan roda dua dan roda empat yang akan menyeberang ke Pelabuhan Merak Banten.

Arus kendaraan dari Pulau Jawa yang turun dari kapal di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan [Foto: Henk Widi]
Lihat juga...