Polres Karimun Kerahkan 200 Personel Pengamanan Natal

KARIMUN — Kepolisian Resor Karimun, Kepulauan Riau mengerahkan 200 personel untuk mengamankan perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Kapolres Karimun AKBP Agus Fajaruddin di Tanjung Balai Karimun, Minggu mengatakan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018 difokuskan pada rumah-rumah ibadah dan tempat-tempat hiburan.

Selain mengamankan rumah-rumah ibadah dan tempat-tempat hiburan umum, pihaknya juga melakukan pengamanan kepada perorangan dan kelompok masyarakat yang hendak melakukan perayaan yang sama pada Natal dan Tahun Baru 2018.

“Selain personel dari kepolisian, kita nanti akan meminta dukungan personel dari instansi lainnya seprti TNI serta instansi lainnya,” katanya.

Menurut dia, pengamanan pada kedua perayaan tersebut dilakukan personel gabungan dari seluruh instansi, termasuk TNI, Bea Cukai, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan lain sebagainya yang dilakukan pengamanan dengan sistem patroli bergerak.

“Total personel pengamanan keseluruhan mencapai 200 sampai 400 orang. Selain patroli bergerak juga ada pengamanan yang dilakukan di tempat,” katanya.

Dia akan melakukan pengamanan secara menyeluruh di seluruh tempat-tempat yang dianggap berpotensi dan selalu digunakan masyarakat untuk berkumpul, baik pada tempat hiburan, wahana permainan dan wahana rekreasi dan lain sebagainya.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi potensi teror pada perayaan tersebut, mengingat Kabupaten Karimun adalah tempat yang kemungkinan besar terjadi hal demikian dikarenakan letak geografisnya yang tepat berada di perbatasan negara Malaysia dan Singapura.

“Semuanya kita amankan, semuanya kita prioritaskan,” katanya.

Di tempat yang sama Dandim 0317/Karimun Letkol Inf I Gusti Ketut Artasuyasa mengatakan pihaknya akan selalu bersedia membantu pihak kepolisian melakukan pengamanan pada perayaan tersebut.

“Kita (Kodim) akan selalu siap, jika dibutuhkan untuk pengamanan, dari Kodim kita akan kerahkan 200 personel dan dari Yonif juga,” kata Ketut.[Ant]

Lihat juga...