Polres Merauke Tingkatkan Pengawasan Jelang Pergantian Tahun

JAYAPURA — Polres Merauke, Papua, meningkatkan pengawasan terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang perayaan pergantian tahun, sebagai langkah antisipasi terhadap berbagai hal yang tidak dinginkan para pihak.

Kapolres Merauke AKBP Bahara Marpaung ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Minggu, mengatakan sebanyak 385 personil dari Polres Merauke dibantu satu pleton Brimob dan dua pleton TNI siap mengamankan pergantian tahun baru di Kabupaten Merauke dan sekitarnya.

Ratusan personil gabungan itu telah disiapkan sejak dua hari terakhir dengan harapan jalannya pergantian tahun baru di Merauke dan sekitarnya bisa berjalan aman dan lancar, serta tidak ada gangguan kamtibmas.

“Ratusan personil ini juga siap dibantu oleh para tokoh agama, adat, pemuda dan perempuan dalam mengantisipasi perayaan pergantian tahun baru di Merauke,” katanya.

AKBP Bahara juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah membantu pelaksanaan tugas Polri selama tahun 2017, sehingga tercipta situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, termasuk pengamanan ibadah natal pada 24 dan 25 Desember 2017.

“Jadi, hampir 500 Personil yang dikerahkan melakukan pengamanan di 28 Gereja besar yang ada di Kota Merauke, pusat perbelanjaan seperti pasar, toko dan mall, pusat rekreasi seperti pantai lampu satu, pantai Keiburse dan perbatasan Sota,” katanya.

“Pada saat itu, kami menyiapkan 5 pos pam terpadu yaitu di Bandara Mopah, Pelabuhan laut, Pasar Wamanggu, di Kawasan Libra dan pertigaan Kuprik, nah pada malam pergantian tahun akan diseterilkan jalan-jalan terutama di jalan raya Mandala dengan melakukan patroli baik itu kendaraan roda dua dan roda empat,” sambungnya.

Mantan Kapolres Nabir ini juga mengimbau kepada seluruh warga Merauke agar lebih meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Marilah kita sama-sama menjaga keamanan agar tetap kondusif, marilah kita tingkatkan komunikasi, koordinasi dan kerja sama serta jalin silahturahmi, hormati dan menghargai satu sama yang lain,” katanya.

“Sata imbau juga agar selalu waspada ketika menutup pintu dan jendela, yakinlah kompor sudah mati agar terhindar dari bahaya kebakaran. Hati-hati, jaga dan awasi anak-anak kita yang sedang bermain kembang api dan petasan, jangan mengkonsumsi minuman beralkohol karena dapat menganggu ketertiban umum dan membuat tindak pidana,” tambahnya. [Ant]

Lihat juga...