Polres Sintang Amankan 15,9 Kg Emas Ilegal

SINTANG – Satuan Reskrim Polres Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar) menangkap seorang cukong penampung emas ilegal berinisial Syaf. Bersama dengan tersangka diamankan emas hasil penambangan ilegal di wilayah setempat sebanyak 15,9 kilogram.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Sintang AKP Eko mengatakan, Sabtu (23/12/2017) sekitar pukul 11.30 WIB, petugas mendapat informasi dari masyarakat, ada transaksi emas hasil penambangan emas tanpa izin atau PETI. Transaksi disebut-sebut akan berlangsung di Toko Emas Bu yang berada di Jalan Kolonel Sugiono Kelurahan Kapuas Kanan Hulu Sintang.

Dari informasi tersebut, petugas langsung melakukan penyelidikan dan pengamatan di lokasi. Sekira setengah jam kemudian petugas langsung melakukan penyergapan ke dalam toko. “Petugas mendapatkan karyawan Toko Emas Bu, DV bersama EA, anak pemilik Toko Emas Bu sedang melakukan transaksi jual beli emas hasil PETI tersebut,” ungkap Eko, Minggu (24/12/2017).

Dari pemeriksaan dan penggeledahan di tempat kejadian perkara, petugas mengamankan barang bukti sebanyak 21 batang emas dan 47 kepingan emas. Barang bukti diperoleh dari brankas pemilik toko berinisial Syaf. Petugas juga mengamankan alat untuk melakukan pengolahan emas di dalam Toko Emas Bu.

Barang bukti yang diamankan berupa 21 batangan emas persegi, 47 kepingan mas bulatan dengan berat keseluruhan 15,9 kilogram. “Syaf mengakui bahwa barang-barang tersebut miliknya dan pelaku beserta barang bukti dibawa ke Polsek untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut. Kami sedang melakukan penyidikan dan mengamankan barang buki untuk proses hukum lebih lanjut,” pungkas Eko. (Ant)

Lihat juga...